x
BREAKING NEWS

Rabu, 26 Desember 2018

Ganjil Genap Solusi Jangka Pendek


 

Kondisi jalanan dibeberapa kota di Indonesia, mulai mengalami kepaadatan. Volume kendaraan yang begitu membeludak, tidak diiringi dengan infrastruktur yang memadai. Pengguna jalan sudah over limit dilihat dari perbandingan antara lebar jalan saat ini. Kondisi ini jelas sangat memprihatinkan karena jalan merupakan penyambung aliran darah perekonomian negeri ini.

 

Maka Polisi selaku yang menjalankan tugas dari pemerintah, melakukan beberapa kebijakan, untuk memperlancar laju kendaraan. Salah satunya dengan menerapkan "Ganjil Genap" bagi setiap kendaraan yang akan melintas. Dimana setiap kendaraan harus mengikuti tanggal yang berlaku pada hari itu apakah bilangannya ganjil atau genap. Untuk membedakan ganjil genapnya dapat dilihat di plat nomor kendaraan angka terakhirnya.

 

 Pemberlakuan kebijakan ini dirasa mampu mengatasi kemacetan yang ada. Namun tidak seperti apa yang diinginkan. Kondisi jalanan masih tetap saja mengalamin kemacetan yang takunjung mereda. Bahkan ada sejumlah pengendara yang membuat plat nomor kendaraan palsu, untuk mengelabuhi petugas.

 

Sudah seharusnya Pemerintah melakukan kebijakan, untuk membatasi hak kepemilikan kendaraan bermotor. Meskipun pemerintah terus berupaya membangun inprastruktur yang memadai, seperti halnya Fly over, jalan tol dan lain lain, tetap saja akan tetap terjadi. Bahkan bisa jadi masyarakat beranggapan bahwa, "pemerintah aja terus memfasilitasi ko dan kita terus membayar pajak". Selain itu pemerintah, juga harus terus menggemborkan agar masyarakat beralih moda transfortasi pribadi ke transfortasi umum. 

 

Sehingga saya berharap,pertama,  agar pemerintah membuat kebijakan yang tegas menangani permasalahan ini, karena kebijakan ganjil genap menurut saya hanyalah solusi jangka pendek. Kedua masyarakat pun harus sadar akan perilaku mereka yang selalu melakukan kendaraan pribadi. Selain membuat jalanan macet serta semakin meningkatnya polusi udara diperkotaan.

 

 

Rana Santika

Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia