x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Dimulai dari Diri Sendiri

Banjir merupakan bencana alam yang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya disebabkan oleh manusia sendiri seperti membuang sampah diimana saja, meskipun hanya sampah permen, tetapi jika dilakukan secara terus menerus dan dilakukan oleh banyak orang, tentu saja akan menyebabkan saluran air tersumbat dan menyebabkan banjir.

Selain membuang sampah sembarangan, penebangan hutan secara liar juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Hutan dapat berfungsi untuk menahan genangan air yang turun dalam jumlah yang besar. Jika pohon-pohon di hutan di gunduli maka tidak akan ada yang menahan genangan air tersebut, dan akhirnya air mengalir ke daratan yang lebih rendah dan terjadilah banjir

Jika sudah terjadi banjir, tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor. Karena banjir akan menyebabkan tanah longsor, tanah bisa sedikit demi sedikit oleh air deras, dapat dikatakan banjir dan longsor itu saling berkaitan antara satu sama lain.

Banjir sering terjadi di beberapa titik daerah di Indonesia, dan banyak sekali dampak dari banjir dan lonsor yang tentunya merugikan manusia. Kebanyakan dari kita mengkritik orang lain dibanding intropeksi, mengkritik  pemerintah yang tidak benar dalam mengerjakan tugas, melakukan demo di sana sini, tetapi tidak intropeksi diri, masih membuang sampah sembarangan dan masih menebang hutan sembarangan.

Memang tidak sepenuhnya banjir disebabkan oleh manusia, tetapi faktor utama dari banjir itu disebabkan oleh manusia. Seharusnya kita sadar akan hal itu, dan memperbaiki diri untuk menjaga kebersihan, tidak lagi membuang sampah sembarangan dan tidak lagi menebang pohon sembarangan.

Reporter: Aufia Muslimatun Nisa, KPI 3/A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia