x
BREAKING NEWS

Kamis, 27 Desember 2018

BIJAK MENGHADAPI BERBAGAI KOMENTAR NETIZEN

BIJAK MENGHADAPI BERBAGAI KOMENTAR NETIZEN

Media sosial adalah tempat dimana para warganet mengekspresikan diri. Disana, kita bisa dengan bebas mengutarakan pendapat, mem-posting foto, men-download file, mengupload video, berkomentar bebas di-posting-an orang,  dan aktivitas online lainnya. Ada orang yang menggunakannya dengan baik dan bermanfaat, ada juga yang menggunakannya dengan buruk dan merusak moral. Terkhususnya dalam berkomentar, yang dimana setiap orangnya memiliki pandangan masing-masing  terhadap apa yang mereka tujukan.

Biasanya, dalam satu postingan baik video maupun foto, pasti banyak netizen berkomentar dengan berbagai ciri khasnya masing-masing. Ada netizen yang berkomentar dengan penuh kebencian sampai berkata kasar. Dia mengutarakan pendapatnya dengan penuh emosi dikarenakan postingan-nya yang mungkin tak sependapat atau tidak disukai olehnya. Adapun yang berkomentar positif, bijak, memberi nasihat dan tidak menjatuhkan siapapun. Dia dapat mengontrol emosinya dalam berkomentar terhadap hal yang ditujunya, baik tak sependapat dengannya, maupun sependapat. Ada juga yang berkomentar dengan sesuatu yang sebenarnya tidak penting untuk dijadikan sebuah komentar. Biasanya dia tak peduli dengan apa yang ia komentari  sehingga ia hanya mengomentar dengan hal-hal yang lucu, tidak jelas, dan tidak penting. Komentar tersebut hanya untuk kepuasan diri sendiri dan hanya mencari sensasi.

Dari berbagai komentar netizen tersebut, bagaimana kita meresponnya? Dan komentar seperti apa yang baik dan benar?. Sebagai warga yang baik, tentunya kita harus tetap bijak dalam mersepon hal tersebut. Jangan pernah terpancing dengan komentar yang tak mengenakan hati, karena hal tersebut akan menghasilkan debat kusir yang tak jelas. Tetaplah tenang, abaikan saja komentar yang tidak jelas. Berkomentarlah seperlunya, jangan berlebihan, karena semua orang memiliki persepsi berbeda-beda. Sopan adalah kunci berkomentar dengan bijak, dengan kesopanan dan tatakrama yang baik, komen anda akan dipandang baik. Tetap hati-hati dalam berkomentar, jangan asal bunyi, itu hanya akan menimbulkan komen negatif dan mengganggu. Tetap ingatlah dengan pepatah "mulutnmu harimau mu".

Tetaplah berkomentar dengan bijak, jangan terbawa emosi dengan cuitan negatif. Ingatlah motivasi dari Presiden kita, "Saat orang berkata buruk tentang kita padahal kita tidak pernah mengusik kehidupan mereka, itu tandanya kehidupan kita lebih indah".

Nafrah Galang Madani

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia