x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Berpendapatlah Disertai Data dan Fakta

Dakwahpos.com, Bandung-Salah satu kenikmatan hidup di Indonesia saat ini ialah bebas mengemukakan pendapat kepada khalayak. Bahkan kebebasan berpendapat pun sudah menjadi keharusan dalam hidup bernegara. Contohnya, mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah yang akan diusulkan atau sudah ditetapkan saja membuat semua masyarakat ingin berpendapat. Namun, semua pendapat tidak mudah untuk diaplikasikan dalam bernegara.

Dengan munculnya media sosial, kini berpendapat sudah tidak bisa disaring lagi. Kebebasan masyarakat dalam menggunakan media sosial bisa memberikan dampak positif atau negatif. Dampak positif ketika kita berpendapat dengan pendapat yang baik dan bisa diterima, mungkin saja pendapat itu bisa digunakan. Namun, ketika seseorang berpendapat dengan komentar yang menjatuhkan, maka kebebasan berpendapat ini sudah menjadi dampak negatif untuk seseorang atau lembaga yang dikomentari.

Sama seperti pendapat yang sering kita lontarkan kepada kalangan selebritas. Ketika melihat postingan salah satu selebritas yang unik atau berbeda dari biasanya, pasti kita akan memberikan pendapat atau komentar yang negatif. Ada pula selebritas yang melontarkan aksi kemanusiaan, pasti banyak pendapat masyarakat yang memberikan tanggapan terhadap apa yang dia lakukan. Terkadang, kita hanya bisa menuduh atau menilai tanpa dasar fakta.

Kebijakan pemerintah daerah ketika menerapkan aturan baru yang dinilai demi kemaslahatan umat pun tak lepas dari pro dan kontra. Seperti peraturan daerah kota Bandung per 1 Desember 2018 yang mewajibkan warga membawa kantong berbelanja di supermarket atau swalayan. Semangat aturan itu ialah mengurangi sampah plastik dan ini harus dinilai secara positif.

Jadi, boleh saja berpendapat asalkan tahu manfaatnya buat kita dan orang banyak. Jangan asal mengeluarkan pendapat tanpa dasar yang jelas dan seenak hati.



Mira Novianda, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. Cipadung Gg. Kalapa Tilu no. 256 RT 01/013 Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Bandung, 089698225517, miranovianda9h@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia