x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Berpendapat dengan Norma

Kebebasan berpendapat, hal sangat sering kita dengar. Bebas berarti adalah tidak terikat dengan sesuatu. Kebebasan berpendapat berarti keleluasaan untuk mengungkapkan perdapat sendiri. 

Saat ini masyarakat sudah sangat sadar untuk mengungkapkan pendapatnya tanpa dibatasi. Seharusnya kita bisa memilih mana pendapat yang baik dan benar bukan hanya mengikuti keinginan diri saja. Pendapat itu banyak yang benar namun tidak baik karna banyak pendapat yang benar namun tidak baik tergantung bagaimana cara penyampaiannya. 

Namun saat ini banyak sekali yang mengungkapkan pendapatnya tanpa melihat norma. Berpendapat memang bebas tanpa dibatasi namun sebagai bangsa yang menjunjung norma dan nilai sosial tentu kita harus bisa memilih. Pendapat yang seharusnya diungkapkan dan pendapat yang tidak seharusnya diungkapkan. 

Sebagai bangsa yang memiliki nilai dan norma sosial sudah seharusnya kita bisa dewasa dalam mengungkapkan pendapat. Tidak semua pendapat harus kita ungkapkan. Sekalipun pendapat kita itu benar namun kita harus bisa menyampaikannya dengan baik. 

Pendapat yang diungkapkan dengan baik akan bisa mengurangi dampak negatifnya. Contohnya saat kita akan mengkritik orang lain atas perbuatannya tidak maka gunakanlah bahasa yang lembut agar tidak terkesan menghakimi. Saat kita akan mengeluarkan pendapat dengan baik maka bisa jadi pendapat itu menjadi benar. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia