x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Bergerak atau digerakan

Oleh : Muhammad Raihan Anwar
Pengaruh media massa dan media sosial, selain sisi manfaat, juga menimbulkan sisi negatif yakni kegelisahan akan terkikisnya nilai-nilai tabayyun (konfirmasi), berita bohong atau hoax, dan liarnya ujaran kebencian, terutama di media sosial. Oleh karena itu, pentingnya literasi media dan digital sebagai filter atas liarnya informasi yang menyebar ke masyarakat.
Dari bangun tidur hingga bangun tidur, manusia saat ini, sadar atau tidak sadar dipengaruhi oleh teknologi komunikasi, seperti gawai (gadget). perlu ada gerakan pendampingan pada masyarakat dalam hal belajar memahami media. Literasi media adalah kemampuan untuk memahami, menganalisa, dan mendekonstruksi pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar pemirsa sebagai konsumen media (termasuk anak-anak) menjadi sadar (melek) tentang cara media dikonstruksi (dibuat) dan diakses.
Siapa yang menguasai media, dialah yang akan menguasai dunia. Karena sumber utama kekuasaan yang baru adalah informasi yang menyebar kepada banyak orang atau opini publik. Gerakan literasi media penting agar masyarakat mampu memilih dan memilah terhadap informasi yang beredar. Maka dari itu kita harus siap untuk mendorong gerakan literasi media massa dan digital.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia