x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 Desember 2018

Berbicaralah dengan etika

Di zaman sekarang banyak manusia berbicara tanpa etika, mereka hanya berbicara saja, tidak memikirkan dampak dan akibatnya dengan apa yang telah mereka ucapkan.

Tidak sedikit manusia yang mengeluarkan pendapat dalam segala sesuatu , tapi mereka tak memikirkan lagi apakah ucapan itu menyakitkan hati orang lain atau tidak. Memang siapapun boleh berpendapat apalagi berbicara, tapi ingatlah, apa yang di bicarakan jangan sampai melukai hati orang lain.

Apalagi pendapat yang dapat menjatuhkan orang lain. Jangan sampai merugikan orang lain. Sebab banyak pendapat yang menjatuhkan orang lain dapat memicu pertengkaran, seperti sekarang ini, banyak kasus pembunuhan akibat dari kata kata yang terlontar dari mulut kita sendiri .

Maka dari itu gunakanlah etika dalam berbicara, agar tak mengundang amarah dan pertengkaran. Jagalah ucapan kita, agar tak ada hati yang tersakiti. Karna lisan itu lebih tajam dari pada pisau.

Jagalah ucapan, berpendapatlah secara sehat, berpendapat memang untuk menyempurnakan sesuatu, akan tetapi jika pendapat itu tidak membangun, maka janganlah berpendapat untuk menjatuhkan , tapi berpendapatlah untuk menyempurnakan dari apa yang kurang.

Devi Rachmawati
Komunikasi penyiaran Islam
Fakultas dakwah dan komunikasi

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia