x
BREAKING NEWS

Senin, 17 Desember 2018

Banjir dan Longsor jadi Momok Menakutkan

Seiringan dengan musim yang silih berganti, dalam hal ini di Indonesia sendiri yang memiliki dua musim yaitu kemarau dan musim penghujan.

Musim penghujan yang umumnya terjadi di bulan-bulan terakhir di tiap tahunnya menjadikan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya banjir. Tak hanya curah hujan yang tinggi di sisi lain bencana banjir ini tak luput dari aktivitas manusia itu sendiri, yang mana permasalahan sampah jadi hal utama dan sangat penting di antisipasi agar tidak terjadinya penyumbatan aliran air di sungai-sungai yang ada di sekitaran masyarakat.

Adanya musim penghujan yang terjadi diakhir tahun pun menjadi momok menakutkan bagi masyarakat yang tinggal di dataran tinggi. Dimana tanah sewaktu-waktu dapat berubah keadaan lalu runtuh begitu saja, karena tak tertahan oleh pepohonan yang di masa kini sangat diabaikan keberadaannya, dalam hal lain bencana ini dinamakan longsor. 

Pemerintah seharusnya memberikan sanksi lebih tegas atau himbauan kepada masyarakat mengenai buang sampah sembarangan, menebang pohon secara ilegal, membangun bangunan atau gedung di lahan yang tidak semestinya yang membuat kurangnya resapan air. Itulah beberapa faktor yang membuat terjadinya bencana alam.

Dan selain itu untuk mengantisipasi kedua bencana tersebut yaitu banjir dan longsor, kita sebagai masyarakat harus senantiasa berfikir akan pentingnya menjaga lingkungan disekitar dengan menjadikan perilaku baik diatas segala-galanya serta lestarikan lingkungan sebagai mana mestinya.

oleh : Azzara Millentia, KPI 3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia