x
BREAKING NEWS

Selasa, 18 Desember 2018

Al-Quran Mensucikan Hati Setiap Muslim (Revisi)

Judul Buku               : Revive Your Heart: Terapi Al-Quran untuk Menyucikan Hati
Penulis Buku            : Nouman Ali Khan
Penyunting Buku       : Zahra Haifa
Penerjemah               : Rini Nurul Badariah
Penerbit Buku            : Mizania
Cetakan                     : Pertama, Sya'ban 1439 H/April 2018
Ketebalan Buku          : xiv+160 halaman
ISBN                         : 9786024181758

Setiap muslim didunia pasti pernah merasakan posisi dimana kebingungan dan lelah datang menghampiri. Perkembangan dunia yang semakin pesat menyedot setiap perhatian hingga mengusik hati. Kelalaian terkadang sering kita lakukan dalam menjalankan perintah sang khalik Allah SWT. Rasa takut dan tidak nyaman sering menghampiri setiap orang yang lalai menjalankan perintah-Nya. Setiap orang beriman pasti akan merasakan ketidak nyamanan bila ia melakukan kelalaian.

Perkembangan politik, ekonomi, teknologi, dan budaya perlahan-lahan mengusik hati kita. Yang terpenting mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan yang terbaik hingga terkadang membuat lalai dalam tugas kita kepada Allah. Dengan adanya distraksi dan krisis yang semakin tinggi, membuat kita sulit dalam berfokus pada spiritual. Masyarakat dan masjid tidak selalu menjadi pusat bimbingan dan panduan yang diperlukan oleh kita. Karena kita terlalu sibuk dengan urusan keduniawian hingga kita lalai.

Al-Quran adalah kumpulan perkataan Allah yang disampaikan melalui wahyu yang diberikan kepada utusannya yaitu Rasulullah SAW. Banyak ulama menyampaikan bahwa Al-Quran adalah obat segala penyakit. Bahkan Allah menamai Al-Quran dengan sebutan Asy- Syifa yang artinya Obat. Mengapa demikian? Karena Al-Quran memberikan terapi yang baik bagi kesehatan menurut para ulama. Obat yang dimaksud adalah obat qolbu yang seringkali kotor karena telah banyak melakukan kelalaian.

Hal ini sejalan dengan buku yang ditulis oleh Nouman Ali Khan yang berisi kumpulan ceramah ringkas, seorang muslim yang berpengaruh di dunia, yang menawarkan kita bagaimana cara menghadapi tatantangan kehidupan modern yang semakin berat dan berubah-ubah. Buku Revive Your Heart: Terapi Al-Quran untuk Menyucikan Hati ini telah diterbitkan pada April 2018. Bahasa yang digunakan ringan, dan tidak berbelit. Bahasannya pun banyak berangkat dari pengalaman beliau ketika berceramah.

Dalam buku tersebut menurut saya sangat kontras dengan problematika yang sering dirasakan oleh setiap muslim ketika memanjatkan doa namun belum juga terkabul. Rasa putus asa dan kecewa seringkali menghinggapi seperti dalam bab doa dan kekecewaan, hal 16. Kita bisa berkaca atau bercermin dari diskusi tersebut. Bahwa ketika dihadapkan pada ujian yang sulit kita memutuskan untuk sering berdoa. Namun ketika doa kita tidak pernah dikabulkan kita memutuskan untuk tidak lagi berdoa karena tidak ada perubahan sama sekali. Dalam hal ini penulis (Nouman Ali Khan) menganalisis perkataan tersebut dan mendapatkan hasil bahwa masih banyak yang tidak paham dengan makna berdoa sesungguhnya.

Terdapat satu fakta dalam bab ini yang mungkin tidak pernah kita sadari. Di kalangan Muslim rata-rata, sepertinya banyak yang bingung mengenai hal yang sangat sederhana dan mendasar ini. Sebenarnya pusat agama kita adalah doa. Al-Fatihah, pembuka Al-Quran dan jantung Al-Quran itu termasuk doa. Serta masih banyak lagi ayat Al-Quran yang mengadung doa.

Setiap bab dalam buku ini selalu memberikan fakta dan realita di lapangan. Kisah Nabi dan Rosul selalu dijadikan contoh studi kasus dari setiap babnya. Selalu ada solusi dari setiap permasalahan yang diangkat dalam buku ini. Ayat yang disampaikanpun jelas dan saling berhubungan dengan masalah yang diangkat. Dalam mengatasi studi kasusnya pun dianalisis terlebih dahulu oleh penulis (Nouman Ali Khan).

Ada satu bagian yang membuat saya tertarik untuk membacanya. Bagian ini mengusung tentang isu-isu masa kini. Isu masa kini yang menjadi permasalahan tradisi Arab atas ketidak inginan memiliki anak perempuan menjadi satu pembahasan yang menarik perhatian saya. Isu tersebut terdapat dalam bab Anak Perempuan, hal 95. Hal ini mengingatkan kita kembali akan kejadian Arab masa lalu, bila ada yang melahirkan anak perempuan harus dibunuh. Maka dalam buku ini akan dijelaskan alasan dan landasan mengenai hal tersebut.

Allah sendiri telah mengistimewakan anak perempuan dengan sebutan al-untsa. Pada umumnya dalam budaya manapun penyebutan anak perempuan adalah untsa. Untsa artinya 'anak perempuan' sedangkan Allah menyebutnya dengan al-untsa yang artinya 'anak perempuan itu'. Dapat kita lihat bahwa Allah telah mengistimewakan anak perempuan dengan sebutan al-untsa yang Allah firmankan dalam QS. Al-Nahl [16]:58. Maka sebenarnya kedudukan perempuan sangat dihormati.

Buku ini sangat detail sekali dalam menjawab setiap permasalahannya. Dengan menjawab setiap masalah berdasarkan landasan ayat suci Al-Quran membawa pembacanya menemukan solusi. Solusi yang dibawakannya pun selalu berkaitan dengan konteks masyarakat pada saat itu ataupun saat ini. Design covernya sangat simple dengan memasang foto sang penulis di cover bagian depannya membuat setiap pembacanya dapat mengenali sang penulis. Sayangnya setiap lembarnya masih dicetak dalam kertas buram, belum menggunakan HVS.

Secara keseluruhan dalam buku ini banyak membahas mengenai pertanyaan umat islam yang ditemui oleh penulis (Nouman Ali Khan) dalam ceramahnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut pastinya dirasakan oleh setiap muslim di dunia ini dalam meningkatkan keimanannya. Solusi yang diberikan pun jelas dan berangkat dari Al-Quran serta sejarah. Sehingga buku ini sangat cocok sekali untuk para pembaca yang ingin menemukan jawaban atas pertanyaannya atau ingin memperluas pengetahuan keislamannya. Dengan adanya buku ini, permasalahan yang didapat terjawab sehingga dapat menambah keimanan dan keislaman setiap pembacanya.

Oleh: Ammar Fathul Bahir, KPI3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia