x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 Desember 2018

Aktivitas Belajar Mengaji di Masjid Al Aqsha

Dakwahpos.com, Bandung- Puluhan anak-anak mulai dari umur 3 sampai 7 berkumpul untuk mengaji, selepas sholat ashar. Anak-anak tersebut mengaji di TPA Al Aqsha yang bertempat di Masjid Al Aqsha. Anak-anak belajar mengaji dengan dibimbing oleh dua atau tiga orang guru ngaji disetiap tingkatannya yang terdiri dari i'dad, wustha,ulya, dan masing-masing guru mengajari sekitar 5 anak muridnya.
Mereka mengaji bergantian karena jumlah mereka belasan orang disetiap tingkatannya, anak-anak mengaji dengan penuh semangat. Anak-anak yang masih iqro' 1 sampai 3 dikelompokkan ditingkat i'dad, anak-anak yang belajar iqro' 4-6 dikelommpokkan ditingkan wustho, dan anak-anak yang sudah Al Qur'an ditempatkan pada tingkan ulya. Disamping belajar mengaji anak-anak juga diajarkan praktik ibadah, menyanyikan lagu islam, hafalan surat pendek, do'a sehari-hari sambil bermain
 "Senang bisa mengaji dan bermain bersama teman, ungkap Jazil Hayyan Al Ahwaz salah satu murid yang berumur 4 tahun, Sabtu (3/11/2018).
Kegiatan mengaji ini berlangsung selama enam hari dalam seminggu, dan pada hari Jum'at kegiatan mengaji diliburkan. Dan pada hari Ahad anak-anak bersama para santri dan warga mengikuti Marhaba'an (Sholawatan) dan mandengarkan ceramah di masjid.
Sambil mengantri giliran mengaji, anak-anak ada yang bermain, bercanda, berlari-lari, seperti anal-anak pada usianya, bahkan kadabg ada yang bertengkar dan menangis. Meskipun begitu, anak-anak selalu diawasi oleh para guru. Harapan didadakan kagiatan mengaji dengan didirikannya TPA adalah agar anak-anak dapat mengenal Al Qur'an sejak dini, menjadikan anak-anak beraqidah kuat dan menjadi mujahid Islam di masa mendatang.

Reporter: Nurul Fitriana KPI/3C



Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia