x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Ustaz Sirojudin : Allah Tidak Melihat Fisik Kita

Dakwahpos.com, Bandung- Setiap hari jumat masjid Al-Huda dijadikan tempat untuk salat Jumat berjamaah oleh warga masyarakat serta banyak dari mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang melaksanakan shalat jumat di masjid Al-Huda. Pada hari ini Jumat tanggal 19 Oktober 2018 khutbah jumat disampaikan oleh Ustaz Sirojudin dengan mengangkat tema tentang hati.

Allah itu tidak melihat pada fisik kita tidak pula pada rupa kita, tetapi Allah itu selalu senantiasa melihat pada hati. Jika kita memandang dunia ini dengan akal, maka kita senantiasa akan tergelincir dalam menjalani kehidupan ini, karena akal tidak bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil. Begitu pembukaan pembahasan tentang hati yang dipaparkan oleh Ustaz Sirojudin.

Selain itu Ustaz Sirojudin juga memaparkan betapa pentingnya hati. Karena saat ada kesedihan, akal kita tidak akan mengatakan kesedihan tapi hati yg mengatakan itu. Saat orang tertimpa musibah akal tidak akan mengatakan apa apa, tapi hati yang akan merasa dan yg mengatakannya. Tapi sebalikanya, jika hati kita tidak punya iman, jika hati kita jauh dari Allah, dan jika hati kita rusak, hati juga yang dapat membuat seseorang  tergelincir di dunia.

Ustaz Sirojudin dalam isi khutbahnya mengambil kutipan dan memaparkan 5 Penyebab hati rusak dari Ibn Qayyum yaitu : 
1. Ketergantungan kita pada kehidupan dunia.
Dalam artian kita tidak menggantungkan kehidupan kepada Allah melainkan kepada dunia. Jika manusia telah menggantungkan kehidupannya pada materi atau apa yg dia inginkan maka dia akan bersikap sikut sana sikut sini demi apapun yang akan dia inginkan.
2. Sosial kita yang tidak produktif.
Jika kita berteman dengan teman yg pintar maka jelas kita akan pintar, jika kita berteman dengan teman yg suka ke datang ke masjid pasti kita juga akan datang ke masjid. Tapi Sebaliknya jika kita berteman dengan orang orang yg suka main kartu maka kecenderungan kita pun akan mengukuti pola kehiduapan orang orang seperti itu dan akan merusak hati kita serta menjauhkan kita pada Allah. Maka bergaulah pada orang yang membawa kebahagiaan akhirat.
3. Banyak angan angan
Bercita cita boleh tapi berangan-angan jangan kenapa, karena jika bercita cita jelas hatinya menyentuh bumi, kakinya akan menyentuh tanah, dirinya menampakkan untuk menuntut ilmu, dirinya menampakkan bekerja keras utuk menggapai cita-cita.
4. Banyak tidur
Jauhi rutinitas tidur setelah shalat shubuh dan setelah shalat ashar karena ini tidak baik menurut agama dan tidak baik menurut kesehatan.
5. Makanan yang masuk pada diri kita yang tidak baik
Makanan bergizi tapi hasil uang mencuri itu haram karenanya dapat membuat hati rusak.

Diakhir khutbahnya Ustaz Sirojudin memberikan pesan dengan mengatakan "Marilah kita selalu mendekatkan diri kepada Allah karena kalo qolbu kita dekat kepada Allah secara tidak langsung fisik kita pun akan dekat dengan Allah, kalo fisik kita dekat kepada Allah hati kita tidak dekat kepada Allah itu namanya munafiq".

Reporter : Annisa Nurbaiti. KPI III/A







Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project