x
BREAKING NEWS

Jumat, 02 November 2018

Ustadz Moch. Sholeh : Segerakan Bertaubat Selagi Masih Ada Usia


Dakwahpos.com, Bandung. Jumat 19/10/18. Kemaksiatan semakin nampak jelas dimuka bumi ini. Baik yang bersifat visualis, audio atau perilaku yang nampak jelas dihadapan kita. Tanpa disadari kemaksiatan mungkin saja terjadi pada diri kita sendiri, misalnya dengan berperasangka buruk terhadap orang lain atau lebih dari itu. 

Dalam khutbahnya pada Jumat 19/10/18 kali ini uts. Sholeh (khotib) menyampaikan tentang taubat. Dimana taubat ini menjadi hal yang sering dianggap sepele bahkan dihiraukan oleh banyak orang. Misalnya orang melakukan kesalahan berupa lalai dalam melaksanakan sholat karena malasnya namun menghiraukan hal tersebut. Atau semisal kita melakukan kesalahan terhadap sesama manusia, kita berkata kasar atau menyakitinya secara tidak langsung maka itu adalah hal yang patut ditaubati sebab itu menjadi dosa kecil yang lama kelamaan menjadi menumpuk jika tak ditaubati.

"Dalam taubat ada tiga hal yang mesti diperhatikan 1- menyesali atas perbuatan itu. 2- meminta ampun kepada Allah Ta'ala dengan sebenar-benarnya dan juga kepada manusia yang bersangkutan 3-berjanji takan mengulangi hal yang sama dan akan lebih baik lagi" jelasnya dalam khutbah yang beliau sampaikan. Secara psikologis orang yang melakukan kesalahan memang cenderung cuek atau bodoamat, namun tidak bagi mereka yang beriman mereka akan lebih bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya. Pun dengan mereka yang secara keimanan sangat rendah harus terus berusaha dalam meningkatkan kualitas imannya. 

"Saya membawakan isi khutbah ini karena berdasarkan fakta yang ada saat ini, kan sekarang mah orang-orang malah cuek ajah kalo buat dosa atau maksiat teh" ujarnya sesaat selepas sholat Jumat. Memang benar faktanya seperti apa yang beliau ungkapkan manusia justru malah semakin cuek dengan perilakunya. "Iya semoga dengan materi khutbah yang saya sampaikan tadi orang-orang semakin sadar dengan apa yang mereka lalukan dan dapat bertaubat dengan segera, jadi Allah senantiasa terus menurunkan rahmat-Nya kepada kita semua" pungkasnya.
Reporter : Ahmad Muhajir

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project