x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Pintar-Pintar Memilih: Menabung atau Menghutang


Oleh : Wulan Novita Sari

Arus globalisasi yang semakin bebas membuat kalangan mahasiswa mudah tergiur dengan apa yang mereka lihat. Banyak keinginan yang ingin segera di sampaikan. Namun apa daya, tidak sesuai dengan kondisi keungan para mahasiswa. Hal ini membuat mereka berusaha untuk melakukan segala cara. Kendati demikian kita harus melakukan berbagai cara untuk mendapatkan barang yang diinginankan. Ada kiranya menabung sedikit demi sedikit bahkan berhutang kesan kemari demi yang diinginkannya.

Berikut ada tiga cara mengontrol keuangan pribadi, diantaranya :

1. List keperluan barang

Dengan meng-listkan suatu barang. Kita bisa tahu barang apa saja yang sebenarnya wajib dibeli terlebih dahulu. Hal ini ditujukan untuk mengingat barang apa saja yang diutamakan untuk dibeli.

2. Kondisikan Keuangan

Jika kita ingin sesuatu, kita harus berkaca dulu dengan kondisi keungan kita. Ini bertujuan untuk menyeimbangkan pengeluaran. Agar tidak terlalu jauh 

3. Menahan Nafsu 

Memang sulit untuk menahan nafsu diri sendiri. Apalagi kalau dihadapkan dengan sesuatu yang benar-benar diinginkan. Jikalau kita menurut dengan nafsu akan sangat berbahaya kedepannya. Bahkan kita juga terjebak atau menyesal dikemudian hari. Untuk itu berhati-hatilah dalam mengambil sebuah tindakan serta perlu diadakannya rencana yang matang-matang

Setelah mengetahui bagaimana mengkontrol keungan pribadi, Ada baiknya kita mengetahui apa Kelebihan dan kekurangan menabung vs berhutang bagi mahasiswa.

Menabung, Kelebihannya yakni kita bisa belajar bagaimana arti sabar, sabar disini bisa dilihat waktu kita sedikit demi sedikit mengumpulkan uangnya. Lebih bebas, karena harta disini harta kita sendiri tidak ada campur tangan dari orang lain serta dengan menabung bisa mempersiapkan kehidupan di usia tua nanti.  Kekurangannya yakni harus menunggu lama bahkan berbulan-bulan atau bertahun tahun demi memperoleh harta yang ditabung. Menabung disini tidak hanya dilakukan secara pribadi saja, namun bisa dilakukan dilembaga-lembaga finansial seperti bank, deposite atapun ansuransi.

Menghutang, kelebihannya kita bisa lebih cepat mendapatkan barang yang diinginkan namun disisi lain kita harus gesit mengganti harta yang kita hutang agar tidak menjadi beban dikemudian hari. Sekarang menghutang bisa dilakukan di perusahaan-perusahaan  yang menawarkan kredit. Akan tetapi perlu dilakukan crosscheck dahulu dengan perusahan yang menawarkan kredit apakah aman atau tidak.

Sedikit informasi tentang menabung vs menghutang bisa dijadikan sebuah acuan untuk dilakukan dikemudian hari. Berdampak positif atau negative hanya kita yang bisa mengaturnya.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project