x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Pentingnya Teknologi Dalam Bencana


Oleh: Wulan Novita Sari

Bencana merupakan kodrat Tuhan yang diberikan kepada kita. Tidak ada yang tahu kapan tepatnya bencana akan datang. Bisa sewaktu-sewaktu terjadi.  Dan Hal inilah yang telah dirasakan bumi pertiwi. Semua perasaan ada menjadi satu.

Menangis bercampur kesedihan yanag mendalam. Itulah kepiluan bumi pertiwi yang akhir-akhir ini terjadi. Hampir berturut-turut Indonesia diguncang bencana mulai dari gempa hingga tsunami. Meluluhlantakkan Lombok, Nusa Tenggara Timur sampai menyapu pinggiran Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Kondisi demikian sudah menjadi hal yang sering. Mengingat, Indonesia merupakan kawasan dalam lingkup area cincin api. 

Perbaikan disana-sini, rekontruksi serta rehabilitasi semua sudah dilakukan Pemerintah dalam usahanya menanggulangi terjadinya bencana. Untuk menyikapi hal itu, kita sebagai kawula muda harus bangkit. Bangkit dalam arti kita harus mempersiapkan apa yang seharusnya kita lakukan ketika bencana datang.

Banyak yang harus kita lakukan misalnya belajar lebih gigih lagi. "Bagaimana kita bisa menemukan sebuah alat yang bisa mengantisipasi bencana ?" Meskipun sebenarnya di Indonesia pun sudah ada,namun alatnya yang mungkin rusak bahkan kurang terawat. Nah, Alat ini yaitu Detektor Tsunami. Detektor tsunami merupakan sebuah alat untuk mengidentifikasi akan adanya bencana tsuami. Alat ini bisa memprediksi 10 menit sebelum tsunami terjadi. 

Namun, kita juga tidak bisa menjamin apakah dengan teknologi seperti bisa menyelamatkan kita semua. Tidak ada yang tahu. Kita hanya bisa mengantisipasi akan datangnya bencana namun kita tidak bisa menghindari. Setidaknya dengan mempersiapkan alat detector tsunami, kita bisa mengantisipasi korban yang ada.


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project