x
BREAKING NEWS

Jumat, 02 November 2018

Nana Munawar : Fadilah Bersedekah

Dakwahpos.com, Bandung- Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia pada Allah SWT. Sedekah itu tidak dapat dipaksakan, melainkan panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati orang lain. Hal itu disampaikan oleh Nana Munawar jumat lalu kepada Jamaah Masjid Ar-Rahmah pada khutbah sholat jum'at.

Khotib sholat jum'at, Nana, menyampaikan bahwa dalam bersedekah tidak hanya dalam bentuk harta benda saja, seperti halnya ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, senyum, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu, berdzikir, bahkan juga melakukan hubungan suami istri itu disebut dengan sedekah. (Jum'at 12/10/2018).

Dalam penjelasannya, banyak sekali fadilah atau manfaat untuk orang-orang yang gemar bersedekah. "Orang yang suka sedekah dosanya Allah hapus, kemudian kita akan mendapatkan naungan di hari Akhir, dan juga masih banyak manfaat yang di jelaskan Al-Qur'an untuk orang yang bersedekah" ungkap Nana.

Salah satu fadilah bersedekah yaitu kita akan mendapatkan pahala yang berlipat, yang penjelasannya terdapat di Al-Qur'an Surat Al-Hadid ayat 18 yang artinya sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. Dan masih banyak lagi manfaat dalam bersedekah.

Di akhir khutbahnya, Nana menyampaikan kepada jamaah Ar-Rahmah agar senantiasa menjadi Muslim yang gemar dalam bersedekah. Dengan ataupun tanpa harta walaupun hanya sekedar senyuman. Karena, banyak maupun sedikit sedekah yang kita berikan untuk orang lain Allah akan membalasnya secara langsung atau di akhirat kelak. 

Reporter : Bagus Tulus Ahadi KPI/3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project