x
BREAKING NEWS

Jumat, 02 November 2018

Menwa Satpam Kampus?

Oleh, Rebecca Safayona
Unit kegiatan mahasiswa di setiap universitas adalah sebagai wadah pengembangan bagi mahasiswa agar mahasiswa relasi dan berkembang untuk dapat  mengemukakan pendapat. Mahasiswa juga dapat berproses dan belajar dari sebuah organisasi, apabila ia ingin maju maka organisasi adalah langkah pertama yang tepat untuk dijadikan landasan.
 
Nah salah satunya adalah Menwa (Resimen mahasiswa). Menwa sendiri bukanlah UKM melainkan UKK (unit kegiatan khusus), bedanya Menwa sendiri langsung dibawah Rektorat dan kegiatanya selalu berkaitan dengan kampus sedangkan UKM tidak. MENWA zaman dulu dan sekarang itu sangatlah berbeda karna payung hukum kita juga beda. Dulu kita dipersenjatai oleh PANGDAM SILIWANGI, sekarang setelah RA reformasi kita dibawah naungan rektor dan kita punya surat keputusan rektor.
 
Banyak sekali mahasiswa sekarang yang tidak mengetahui apa itu menwa bahkan ada yang bilang bahwa kita polisi kampus bahkan yang lebih parah menwa ini dibilang satpam kampus yang bertugas untuk mengamankan. Saya tegaskan disini bahwa peran menwa sebenarnya adalah sebagai pertama, Dinamisator yang mana artinya adalah penggerak dari segala kegiatan universitas.
 
Kedua, Sebagai Stabilisator artinya menwa juga yang mengawasi dan menghandle ideologi-ideologi diluar pancasila. Kita juga takut apalagi teroris sampai masuk kampus disinilah peran satbilisator itu. Pesan dari saya selalu tumbuhkan rasa jiwa nasionalisme karna negara ini tidak bisa berdiri sendiri.   


Penulis, Mahasiswa PI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project