x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Mengintip Keunikan Masjid Kaca Cipadung

Dakwahpos.com, Bandung- Salah satu masjid di Cipadung memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi warga yang berkunjung. Jika kebanyakan masjid menggunakan tembok sebagai dinding maka di masjid ini menggunakan kaca, Selasa (17/10/2018).

Masjid tersebut adalah Masjid As Siraj yang terletak di Jalan A.H. Nasution, Cipadung, Panyileukan, Bandung. Masjid tersebut didirikan pada tahun 1964 oleh orang-orang keraton pada zaman kerajaan Demak. Proses pembangunannya memakan waktu selama 2 tahun. Dana yang didapatkan berasal dari swadaya masyarakat sekitar. 

Dinding kaca ini berhubungan dengan nama masjid ini sendiri yakni Masjid As Siraj. Nama tersebut diberikan oleh salah satu warga Cipadung dengan tujuan agar masjid ini kelak menjadi penerang bagi warga sekitar. Dinding kaca masjid dapat menambah keindahan masjid tersebut sebab bangunan dalam masjid terlihat dari luar. 

"Masjid ini seindah-indahnya masjid kuno. Keindahannya masih alami", Ujar Cecep salah satu pedagang di masjid As Siraj. 

Setiap hari rabu diadakan pengajian rutinan khusus ibu-ibu. Sedangkan hari sabtu pengajian rutin ibu-ibu dan bapak-bapak dari berbagai majelis taklim. Adapun manaqiban yang diadakan setiap awal bulan di minggu pertama. 

Selain digunakan sebagai tempat shalat berjamaah dan pengajian, masjid ini juga digunakan warga sekitar untuk mencari rezeki serta tempat pemberangkatan haji dan umroh. 

Banyak pengunjung yang singgah di masjid As Siraj, baik untuk beribadah maupun sekedar istirahat sejenak. Namun, pengunjung yang datang kurang menjaga kebersihan di sekitar masjid. Beberapa diantara mereka membuang sampah sembarang sehingga mengurangi keindahan masjid As Siraj. 

Reporter : Fitri Miftahul Jannah, KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project