x
BREAKING NEWS

Senin, 05 November 2018

Masyarakat Jadikan Masjid Al-Jawami Sebagai Pusat Kegiatan Dakwah


Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Al-Jawami yang berada di komplek Pondok Pesantren Al-Jawami merupakan salah satu masjid besar yang ada di daerah Cileunyi Wetan. Masjid ini sangat terkenal di kalangan masyarakat bahkan masyarakat luar Cileunyi. Selain digunakan untuk sholat lima waktu, masjid ini pun sering digunakan masyarakat Cileunyi Wetan untuk sholat jum'at, sholat 'Idul Fitri dan sholat 'Idul Adha.

Masjid Al-Jawami ini juga sering digunakan santri dan santriwati untuk berbagai kegiatan. Seperti mengaji kitab, yang rutin dilakukan setiap hari senin sampai jum'at pada sore  dan malam hari. Tidak hanya belajar kitab saja, namun masjid ini pun sering digunakan untuk kegiatan muhadhoroh atau tamsilan yakni sebuah kegiatan untuk menampilkan potensi dan bakat santri baik dalam bidang dakwah maupun seni.

Selain kegiatan belajar santri, masjid ini pun memiliki kegiatan rutin, yakni pengajian mingguan. Pengajian mingguan yang rutin dilakukan pada hari kamis pagi untuk ibu-ibu, dan hari ahad pagi untuk bapak-bapak.

" Pengajian ini tidak hanya dihadiri oleh ibu-ibu sekitar Cileunyi wetan saja. Banyak pula ibu-ibu dari daerah Cinunuk, Jatinangor, Tanjungsari, Cicalengka hingga Majalaya. Dan pengisi pengajian ini diisi langsung oleh ketua DKM yang sekaligus sebagai Pimpinan Pesantren Al-Jawami KH Imang Abdul Hamid," Papar mang Adi selaku pengurus masjid dan dewan santri, Jum'at ( 2/11/2018 )

Respon masyarakat terhadap kegiatan pengajian ini pun sangat baik. Namun, dikarenakan masjid ini berada di komplek pesantren, masyarakat ataupun remaja yang ada di sekitar Cileunyi Wetan ini tidak turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan harian yang diselenggarakan di masjid. Karena kegiatan tersebut hanya diikuti oleh santri dan santriwati pondok pesantren.

Santri yang ada di pesantren tersebut tidak hanya dari kalangan siswa. Namun ada juga mahasiswa dari berbagai Universitas, salah satunya UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Disamping kewajibannya sebagai santri, mahasiswa UIN sangat berperan aktif dalam kegiatan masjid hingga ada yang menjadi pengurus masjid dan dewan santri.

Reporter : Sheyrill Athqianita, KPI/3D


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia