x
BREAKING NEWS

Senin, 12 November 2018

Masjid Jami An-Nur Selenggarakan Shalat Lidaf’I Bala Berjamaah

Masjid Jami An-Nur selenggarakan Shalat Lidaf'I Bala Berjamaah

Dakwahpos.com,Bandung. Rabu 07 November 2018, bertepatan dengan hari rabu terakhir pada bulan Safar, atau yang sering disebut dengan "Rebo Wekasan". Terlihat beberapa Jamaah masjid Jami An-Nur berlarian menuju masjid untuk  melaksanakan shalat Lidaf'I Bala secara berjamaah.

Shalat Lidaf'I Bala atau Shalat tolak bala merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada waktu Dhuha atau setelah terbitny amatahari, pada hari rabu terakhir di bulan Safar. Shalat ini bertujuan untuk menjauhkan semua bala (musibah) yang akan dating pada diri sendiri, keluarga, masyarakat, jama'ah dan yang lainnya. Meskipun menurut sebagian ulama bahwa Rasulullah tidak pernah melakukannya.

"Supaya urang teh ditebihkeun tina sagala musibah, pan belakangan ieu teh tos seueur musibah anu nimpa masyarakat Indonesia, sapertos tsunami anu di donggala tea. Janten ku dilaksanakeuna shalat tolak bala teh supaya urang terhindar tina sagala rupi musibah" ujar  Ibu Nunung, jamaah Masjid An-Nur (07/11/2018)

Shalat Lidaf'I bala yang dilakukan tahun ini merupakan ketiga kalinya yang diadakan di Masjid Jami An-Nur. Untuk tahun-tahun sebelumnya tidak pernah dilakukan di masjid secara berjamaah- "mungkin kurang kesadaran masyarakat" ungkap salah satu jamaah.

Meskipun shalat berjamaah ini tidak memenuhui seluruh ruangan masjid, tetapi antusias masyarakat sangatlah luar biasa. Terdapat dua shaf jamaah laki-laki dan tiga shaf jamaah perempuan. Harapan dari DKM masjid An-Nur ia berharap Shalat tolak bala ini menjadi rutinitas kegiatan tiap tahunnya.

Reporter: Nenden Siti Nurhasanah KPI/3C
   

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia