x
BREAKING NEWS

Senin, 12 November 2018

Masjid Jami Babussalam Selenggarakan Salat Tolak Bala

Masjid Jami Babussalam Selenggarakan Salat Tolak Bala

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami Babussalam pada hari rabu(7/11/2018)  menyelenggaran salat tolak bala berjamaah.Rabu Wekasan, atau Rebo Pungkasan adalah nama hari Rabu terakhir di bulan Safar pada Kalender lunar versi Jawa.rangkaian Upacara Adat Safaran yang nanti akan berakhir di Jumat Kliwon bulan Maulid (Mulud) Keistimewaan hari ini adalah karena inilah satu satunya hari yang tidak tergantung pada hari pasaran dan neptu untuk melakukan suatu upacara adat.Catatan dalam adat Kejawen hari pasaran dan neptu adalah sangat penting demi keselamatan dan berkah dari acara, kecuali pada hari ini.Konon ini adalah hari datangnya 320.000 sumber penyakit dan marabahaya 20.000 bencana.Maka rata-rata upacara yang dilaksanakan pada hari ini adalah bersifat tolak bala.
" ini adalah Arba Mustakmir atau Rebo Wekasan.Salat sunah tolak bala rebo wekasan merupakan suatu agenda tersendiri yang selalu diadakan oleh pihak DKM masjid ." Ujar Dkm Masjid H.Suharto. (7/11/2018)
Walau menurut sejumlah ulama, Rasulullah SAW tak pernah melakukannya, konon melaksanakan salat tolak bala di rabu wekasan menjauhkan semua bala yang akan datang kepada diri sendiri, keluarga.Pelaksanaan sholat sunat Lidaf'il Bala diambil dari keterangan yang tercantum dalam kitab al-Jawahir al-Khomsi halaman 51-52 dilaksanakan pada pagi hari Rabu terakhir bulan Shofar, sebanyak 4 rakaat 2 kali salam.
Begitupun pada saat itu masyarakat sekitar Cibiru Hilir  sangat antusias dalam melakasanakan salat tersbut. "Saya sangat berterimakasih sekali kepada seluruh pengurus terutama pihak DKM mesjid Babussalam ini sangat membantu,kami masyarakat ada yang kurang faham mengenai tata cara salat tolak bala ini jadi sangatlah membantu dan sangat beruntung bisa salat berjamaah disini". Ujar Andi Masyarakat Cibiru Hilir (7/11/2018).
      Masyarakat sudah memenuhin masjid sampai luar masjid setelah solat subuh terlihat sekali apresiasi masyarakat yang ikut serta ingin menunaikan salat tolak bala, begitupun DKM Masjid Babussalam yang langsung turun tangan untuk membaca Alquran bersalawat dan sampai berdoa bersama, sungguh acara yang begitu tersusun dengan khidmat dan mendapat pujian dari masyarakat sekitar.


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia