x
BREAKING NEWS

Jumat, 02 November 2018

Kang Umar : Kisah Inspirasi Lelaki Arab Badui

Dakwahpos.com, Bandung- Pembacaan Khutbah Jum'at yang disampaikan oleh DKM Ar-Rahmat yaitu Umar Hanif, berjudul kisah Perang Khaibar.

Di dalam Khutbah yang disampaikan oleh khatib, seorang laki-laki datang kepada rasulullah saw kemudian masuk islam, laki-laki tersebut yaitu arab badui. Arab badui merupakan  orang yang tidak punya tempat tinggal secara menetap kecuali mereka tinggal di atas-atas gunung. Orang tersebut mengikuti ajaran-ajaran rasulullah dan beriman. " kata Umar dalam khutbahnya, Jum'at (19/10/2018).

Kemudian Laki-laki aran badui itu  mengatakan kepada rasulullah untuk ikut berhijrah, dari Mekkah menuju Madinah. Maka ketika Nabi Muhammad melaksanakan perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah rasulullah berpersan kepada para sahabatnya, untuk memperhatikan lelaki Arab badui yang baru masuk Islam, dan rasulullah saw sampai di Madinah. Suatu ketika lelaki arab badui tersebut masuk Islam serta taat kepada  Allah swt, kemudian terjadi peperang antara muslimin dan musyrikin dalam perang Kahibar, dan Arab Badui yang baru masuk Islam ini pun ikut untuk menegakkkan Islam. Setelah peperangan selesai dibagikanlah harta rampasan perang kepada  yang ikut berperang, tetapi Arab Badui yang baru menyatakan ke Islamannya itu tidak hadir sewaktu pembagian arta rampasan perangnya itu, tetapi Rasulllah menitipkan sebagian harta rampasan perang kepada sahabatnya untuk dibagikan kepada lelaki Arab badui tersebut.

Lantas kemudian setelah bertetu dengan lelaki tersebut, Arab badui tersebut terlihat wajahnya tidak terlihat begitu senang dan tidak begitu suka terhadap harta itu. Lelaki badui itu pun datang menjumpai Rasulullah dan mengatakan kepda rasulullah " ya Rasulullah sesungguhnya aku masuk Islam semata-mata hanya untuk mengharapkan ridho Allah swt dan mati syahid ketika peperang. Kemudian sewaktu datangnya peperangan selanjutnya, lelaki Arab badui tersebut syahid dalam peperangan, sebagaimana dulunya yang ia inginkan kemudian lelaki Arab badui tersebut di solatkan oleh Rasulullah saw.

"Sungguh kisah yang selaknya menjadi panutan kehidupan seorang muslim dalam memeluk Islam. Janji Allah swt yaitu akan memberikan ganjaran yang baik kepada orang-orang yang beriman" Ujar Umar Hanif, Jumat (19/10/2018)

Reporter : Dandy Yusuf Alfasyah, KPI/ 3A 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project