x
BREAKING NEWS

Jumat, 30 November 2018

Jamaah Masjid Jami Al-Barokah Antusias Ikuti Pengajian Yasin


Dakwahpos, Bandung-Sudah menjadi jadwal rutin di Masjid Jami Al-Barokah setiap malam Jumat selalu mengadakan pengajian ceramah agama dan membaca yasin. Pengajian tersebut ditujukan untuk seluruh warga di daerah Gudang Sikat, Cibiru.  Namun semakin bertambahnya waktu, beberapa jamaah pengajian mulai menunjukkan sikap lebih tertarik terhadap pengajian yasin.

"Karena sudah terbiasa kalau malam Jumat hanya pengajian yasinan saja, maka saat ada penceramah yang hanya menyampaikan materi tidak lama, yaitu 10-15 menit. Suara jamaah malah lebih keras dibanding penceramah", begitu tutur Pak Anwarudin  Kamis (8/11/2018). Tidak heran jika saat DKM menyampaikan ceramah agama, jamaah pengajian Masjid Jami Al-Barokah ada yang tidur, terutama jamaah ibu-ibu sibuk membagikan kue-kue kepada para jamaah yang datang.

Akan tetapi dengan sikap jamaah pengajian yang seperti itu, tidak serta merta membuat DKM Jami Al-Barokah menyerah. Ketua DKM berusaha mengerahkan remaja masjid untuk kembali meningkatkan ketertarikan jamaah pengajian terhadap ceramah agama. Namun, tetap saja usaha tersebut tidak digubris oleh sebagian jamaah pengajian.

Jamaah yang rutin mengaji di Masjid Jami Al-Barokah, semuanya memiliki respon yang berbeda. Sehingga tidak semua jamaah responnya menolak, tapi masih ada yang menanggapinya dengan sikap khusyuk mendengarkan setiap kata yang terucap dari mulut penceramah. "Satu ayat atau satu hadits, saat ada yang mengena pada diam dan ngedengerin. Tapi kalau ga cocok materinya, suka ribut", ucap Pak Anwarudin Ketua DKM Jami Al-Barokah.

Padahal oleh Ketua DKM Jami Al-Barokah jamaah pengajian seringkali diterangkan bahwa kalau pun punya sedikit ilmu harus disampaikan. Namun jamaah tetap saja mengelak, mereka berdalih bahwa ceramah agama itu sudah ada setiap hari Senin, saat pengajian ibu-ibu.

Reporter: Nabila Hekar Safitri KPI/3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project