x
BREAKING NEWS

Jumat, 30 November 2018

H. Sukriyadi Sambas : “ Penyakit Rohani Sebabkan Kekufuran Manusia”


Dakwahpos.com, Bandung- Penyakit Rohani sebabkan kekufuran manusia(11/11/2018). Pembahasan kajian ini bertepatan di Masjid As-Siraj, Cipadung, Bandung. Pembahasan kajian dilakukan pada pukul 09.00 WIB sampai selesai. Dipimpin oleh Ust. Sukriyadi Sambas salah satu dosen ternama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam kajian yang bertemakan" Penyakit Ruhani sebakan kekufuran manusia" dijelaskan bahwa Penyakit Ruhani ataupun penyakit hati ada dua macam. Pertama Penyakit Syahwat dan Penyakit Syubhat. Kedua penyait tersebut sudah termaktub dalam AlQuran. Sesuai dengan ayat Al quran Qs. Al-Ahzahb ayat 32 yang, artinya:

"Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara (melembut-lembutkan bicara) sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya. " (Al-Ahzab:32). Makna ini yang disebut penyakit syahwat. Penyakit oleh mata dan pandangan. 

"Penyebab bertambah sakitnya  insan manusia bukan berasal dari material teapi dari immaterial kehidupan" Tegas H. Sukriyadi Sambas. Ini terkait dengan hubungan rohani. Imaterial sangat terkait dengan kehidupan rohani. 

Kesadaran akan hal ini perlu ditumbuhkan dalam masyarakat. Satu diantaranya yaitu dengan memberi makan hati. Caranya dengan istighfar. Bertawassul dengan Allah SWT. 

Karena obatnya dengan melawan hawa nafsu. Itu hal yang paling berat bagi jiwanya. Namun baginya, tak ada sesuatu yang lebih bermanfaat dari obat itu. Terkadang, ia memaksa dirinya untuk bersabar. Tapi kemudian tekadnya mengendor dan bisa meneruskannya lagi. Itu karena kelemahan ilmu, keyakinan dan ketabahan..


Bagikan

1 komentar :

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project