x
BREAKING NEWS

Kamis, 01 November 2018

Atasi Sampah Lewat Hal Kecil



Jakarta merupakan daerah yang banyak menghasilkan sampah. Produksi sampah di Jakarta bisa sampai 5.300 ton/hari. Pada musim hujan bisa tambah besar, 6.100 ton/hari. Salah satu sebabnya adalah masyarakat Jakarta ingin selalu hidup instan. Belum lagi penduduknya yang sangat padat. 
Ada banyak tindakan yang bisa mengatasi masalah sampah di Jakarta. Kita bisa memulai dengan hal kecil, tidak emmbuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Kita juga baiknya menyortir dulu sampah yang akan kita buang, pisahkan sampah organik dan anorganik. Agar selanjutnya sampah tersebut bisa langsung diolah oleh petugas. Selain itu mengurangi penggunaan plastik dapat membantu mengatasi masalah sampah. Karena sejauh ini sampah plastiklah yang cukup susah dikelola
Karena akibat dari sampah bertumpuk itu banyak. Selain kotor dan tidak enak dilihat, lingkungan yang kotor oleh sampah pasti menjadi wabah penyakit. Apalagi kalau sungai yang penuh sampah. Sungai tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Airnya bau, dan hewan-hewan didalamnya mati. Sungai penuh sampah juga memicu banjir. 
Selain itu, kinerja peningkatan daur ulang sampah dibutuhkan. Perlu banyak inovasi baru agar sampah bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. kehadiran bank sampah yang menjadikan sampah bukan hanya sekedar sampah tapi sesuatu yang bisa digunakan dengan mendaur ulang cukup membantu. Tinggal perbanyak unit di beberapa daerah.



Zulfa Ulyah Kartika
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project