x
BREAKING NEWS

Senin, 12 November 2018

Adi Hidayat: Pejuang bukan hanya sekedar nama tapi cara mewujudkannya

                                                        Oleh: Siti Zulfania Arifin

(10/11) Adi Hidayat mengisi ceramah di Masjid Ukhuwah Bandung. Tepat setelah melaksanakan shalat Maghrib, kajian dengan tema "Pahlawan dalam Islam menarik jama'ah yang hadir. Masjid yang didominasi laki-laki itu makin ramai setelah Adi Hidayat datang.

Pahlawan di Indonesia biasanya hanya identik dengan perjuangan nasionalismenya saja. Padahal, makna pahlawan sendiri sebetulnya jauh lebih luas. Spiritualisme banyak berperan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Nasionalisme tidak bisa lepas dari Islam, selain dari rakyat, Indonesia dibangun oleh perjuangan dan tumpah darah pahlawan-pahlawan Muslim.

"Banyak para pejuang-pejuang, pahlawan kita, terupakan oleh generasi-generasi di masa kini perjuangan-perjuangan spiritualnya. Bukan hanya sekedar nama saja tapi bagaimana mereka mewujudkan kemerdekaan itu. Mereka tidak luput dengan shalat tahajud malamnya, puasa siangnya, dzikirnya, macam-macamnya. Dikumpulkan semua itu." Ungkap Adi.

Perjuangan-perjuangan pahlawan Muslim di masa lalu banyak berdasar pada kebenaran hakiki yang mereka dapatkan langsung dari firman Allah. Saat pejuang lain mendapatkan motivasi untuk mencapai kemerdekaan dengan nasionalisme, pahlawan Muslim mengejar kenasionalismeannya dengan berlandaskan keyakinan pada Tuhannya.

Penulis, Mahasiswi UIN Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia