x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

UKM Ternyata Penting

Oleh : Ressa Shafara Annisa


UKM ternyata penting.

Menjadi mahasiswa merupakan suatu kebanggaan bagi setiap individu yang beruntung. Setelah memasuki dunia perkuliahan, pastinya tidak asing lagi bagi kita mendengar istilah "UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)". UKM merupakan kegiatan tambahan di luar jadwal perkuliahan. Dengan adanya UKM di setiap kampus, akan sangat membantu untuk menggali potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Unit Kegiatan Mahasiswa ini ternyata sangat berperan  penting bagi mahasiswa yang ingin berproses lebih aktif di luar jadwal mata kuliah. Biasanya mahasiswa memilih UKM sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Ketika kita mengikuti suatu UKM ternyata sangat banyak ilmu yang berguna yang dapat kita peroleh.

Selain mendapatkan ilmu kita juga akan mendapatkan pengalaman dan teman baru dari organisasi tersebut. Namun ada saja mahasiswa dan mahasiswi yang hanya memandang sebelah mata terhadap kegiatan tambahan ini. Mereka beranggapan jika nanti setelah mengikuti kegiatan tambahan tersebut akan menyita waktu belajarnya sehingga berpengaruh pada IPK.  Sebenarnya hanya soal pilihan kita saja sebagai mahasiswa. Akan menjadi mahasiswa yang berorganisasi atau mahasiswa yang mengurung diri dari organisasi. Akan menjadi mahasiswa yang aktif atau pasif. Semuanya kembali lagi pada pilihan kita nantinya.

Dengan begitu tidak ada salahnya kita sebagai mahasiswa meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tambahan di luar kelas. Dengan mengikuti salah satu kegiatan tambahan ini, yakin kita akan mendapatkan ilmu tambahan dan yang pasti pengalaman yang sangat luar biasa di dalam dunia perkuliahan. Ubah  pola pikir kita yang beranggapan UKM hanya menyita waktu saja, faktanya sudah banyak mahasiswa yang sukses melalui organisasi yang mereka tekuni. Hanya tentang bagaimana kita mengatur waktu antara organisasi dan jadwal perkuliahan.


Penulis, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project