x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Pak Ujang Yahya : "Masyarakat Perlu Bimbingan mengenai Kemakmuran Mesjid"

Dakwahpos.com. Bandung- Kurangnya kesadaran diri dari masyarakat mengenai ilmu agama serta sosial terutama di era modern ini, memengaruhi akan tingkah pola prilaku dalam menghidupkan mesjid. Hal ini menimbulkan adanya suatu permasalahan umum terutama di wilayah-wilayah terpencil dalam komunitas yang besar.

"Sebenarnya melihat perkembangan zaman tentu akan adanya sebuah perubahan baik dalam perilaku maupun pola. Dalam permasalahan kurangnya masyarakat untuk memakmurkan mesjid itu kita lihat dari besar dan kecilnya tingkat keimanannya. Karena masyarakat sudah lebih mengetahui akan pentingnya beragama walaupun ada sebagian yang masih kurang akan pemahaman tersebut. Adapun juga dari lingkungan itu sendiri bisa memengaruhi kebiasaan dalam bermasyarakat ini". Ujar Ujang Yahya, Kamis(04/10/2018).

Adapun ada perbedaan antara kegiatan masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan untuk memakmurkan mesjid itu sendiri. Baik jaman dulu maupun sekarang, seperti halnya kondisi suatu wilayah juga memengaruhi akan aktif nya masyarakat untuk memakmurkan mesjid karna jika dilihat dari jaman dulu rata mesjid di suatu wilayah itu sangat terbatas tidak seperti sekarang, dimana saat ini sangat mudah ditemui mesjid-mesjid, yang akibatnya jika mesjid itu hanya diisi oleh sebagian masyarakat hanya akan tersisa sedikit saja orang yang mau mengurus mesjid tersebut.

Adanya seorang tokoh agama dalam masyarakat menjadi suatu yang penting. Dikarnakan masih ada masyarakat yang kurang bimbingan akan ilmu agama, maka tokoh agama ini dapat membimbing masyarakat akan penting nya sebuah sosialisasi dalam agama."Memang dalam hal ini masyarakat perlu seorang atau kelompok yang dapat membina akan pegetahuan agama yang memang dari alinya. Oleh sebab itu adanya tokoh agama dapat menjadi peranan penting baik untuk memberi pengetahuan maupun membina masyarakat agar lebih paham lagi tentang seberapa pentingnya membangun dan memakmurkan mesjid". Pungkas Ujang Yahya.

Dalam membina pola prilaku masyarakat agar bisa memakmurkan mesjid memang tidak mudah, untuk itu harus ada kesadaran dari diri sendiri akan nilai-nilai yang terdapat dalam melakukan sebuah kegiatan sosial. Tentu memang peran dari pihak-pihak maupun toko- tokoh dalam masyarakat harus lebih diaktifkan kembali dengan contoh mengadakan kegiatan rutin pengajian supaya dapat membangun tingkah laku masyarakat kearah yang lebih baik.

Reporter : Hilman Fadil KPI 3/B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project