x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Menghemat Air

Oleh : Siti Umamah

Air merupakan senyawa yang sangat penting bagi seluruh bentuk elemen kehidupan sampai saat ini, air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat dipermukaan bumi dengan pengelolaan sumber daya air yang kurang baik, maka dapat menyebabkan menipisnya stok air. Dengan pertambahan jumlah penduduk di dunia ini, tak dapat di pungkiri lagi maka penggunaan sumber daya alam semakin besar.

Salah satu yang menjadi sangat krusial adalah penggunaan sumber daya air dengan meledaknya jumlah penduduk khususnya di indonesia, merupakan salah satu cikal bakal atau salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya krisis air. Dari data yang diketahui berdasarkan proyeksi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), jumlah penduduk indonesia mencapai 267 juta jiwa, data diatas dapat kita lihat bahwa pertumbuhan penduduk sangat besar di indonesia.

Indonesia merupakan Negara tropis yang hanya mempunyai 2 musim, yaitu musim dingin dan kemarau. Dua musim tersebut sudah tidak bisa dipastikan lagi kapan terjadinya. Seperti musim hujan yang biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga Maret dan musim kemarau biasanya terjadi pada bulan April hingga September, kini kedua musim tersebut sudah tidak sesuai.

Dengan tidak adanya penyesuaian 2 musim tersebut, terutama musim kemarau. Maka masyarakat di himbau untuk segera mengatasi kesulitan kekeringan saat musim kemarau salah satunya dengan cara membuat bak penampung air hujan di depan atau belakang rumah seperti sumur, atau dengan cara membeli air bersih dengan jumlah yang banyak seperti warga Dusun Pringwatan, Desa Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro mengaku sudah membeli 7 tangki air bersih dengan harga Rp. 80.000-, per tangki isi 6.000 liter. Sekitar Rp. 560.000-, sudah dia keluarkan.

  Satu tangki air dihabiskan dalam dua pekan untuk masak, mandi, cuci dan minum ternak sapi. Untuk mengirit air, mencuci dan mandi dilakukan disumber mata air Sambiroto yang jaraknya 5 kilometer dari rumah warga dan untuk minum ia membeli air kemasan galon. Selain itu pemerintah pun ikut andil ke beberapa wilayah yang selalu berlangganan kesulitan air bersih dengan cara bekerja sama dengan walikota setempat.

Siti Umamah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Cilengkrang 1 Rt 93 Rw 04 Cisurupan Cibiru Bandung
089672729032

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project