x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Menabung Untung yang Bersinambung

Oleh : Rana Santika

Tingginya minat konsumtif terhadap suatu barang memang sedang terjadi di negeri ini. Tak terkecuali dikalangan mahasiswa. Mahasiswa yang dinilai oleh para perusahaan barang dan jasa merupakan manusia muda yang sangat memperhatikan penampilan sebagai target market yang menjanjikan. Tak sedikit mahasiswa rela meminjam hanya demi mengikuti trand agar tidak desebut ketinggalan.

Menurut saya, dari segi ekonomi sebagian besar mahasiswa masih bergantung terhadap orang tua, seharusnya dapat memanage dan mendahulukan yang dibutuhkan sebelum yang diinginkan. Ketika memiliki uang lebih, lebih baik ditabungkan sebagai investasi mini masa depan. Ketika mahasiswa terbiasa menyisihkan sebagian uangnya, dengan prinsip Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Maka mahasiswa bisa melakukan peningkatan menabungnya misalkan dari awal hanya menyisihkan Rp.10.000/minggu, maka pekan berikutnya bertambah menjadi Rp.15.000/minggu dan terus bertambah setiap pekannya. Ini bisa menjadi sesuatu pemberdayaan yang berkesinambungan.

Maka dari itu saya menyarankan untuk meredam  nafsu dalam mengkonsumsi barang yang tidak begitu dibutuhkan. Tidak melakukan kegiatan hutang piutang agar hidup tenang.  Dan mulai berorientasi ke masa depan.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project