x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Masyarakat Sangat Berperan Penting Dalam Mengatasi Krisis Air Dimusim Kemarau

Oleh : N. Intan Agustin A.F

Air merupakan suatu kebutuhan untuk setiap makhluk hidup. Air berperan sebagai metabolisme  setiap makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Namun, saat ini di Negara kita sendiri sering mengalami krisis air bersih saat musim kemarau tiba padahal seharusnya Indonesia memiliki sumber air yang melimpah. Namun kenyataannya setiap tahunnya Indonesia mengalami krisis air. Yang penyebabnya karena sering kali ulah manusia sendiri seperti pencemaran lingkungan dan berkurangnya daerah resapan air menjadi penyebab masalah krisis air bersih. 

Seperti halnya yang dikutip dalam diskusi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan awal musim hujan bakal mundur, diperkirakan tahun ini terjadi pada Oktober, akibat faktor El Nino yang membuat awal musim hujan menjadi mundur. 

Sejumlah wilayah Indonesia yang mengalami musim kemarau dan mengakibatkan kekeringan. Seperti kekeringan di wilayah Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat serta Lombok, Nusa Tetanggara Timur digambarkan dalam berbagai berita warga setempat harus berjalan tiga kilo meter untuk mendapatkan air bersih. 

Maka dari itu, untuk mengatasi krisis air dimusim kemarau masyarakat lah sangat berperan penting dalam mengatasinya seperti melakukan aksi nyata untuk memastikan sumber air tetap terjaga salah satu aksi nyata yaitu melakukan penghijauan. Keberadaan pohon dikawasan sumber mata air sangat penting karena berfungsi sebagai penyerap air dan penyangga tanah. 

Hal-hal yang sederhana lainnya kita juga bisa menggalakan gerakan menanam pohon, menggalakan hemat air, konservasi lahan, membangun tempat penampungan air, membangun sumur serapan air atau biopori dan yang paling penting untuk mengatasi kekeringan air yaitu kekompakan masyarakat dengan saling bergotong royong melaksanakan hal-hal sederhana tadi. 

Jadi kalau bukan kita sendiri yang menjaga alam lalu siapa lagi? 


Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kedung Waringin 07/03 No. 37 Kab. Bekasi
081299072951

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project