x
BREAKING NEWS

Senin, 01 Oktober 2018

Masjid Nurul Iman Sediakan Istiqbal untuk Masyarakat


Dakwahpos. Bandung – Masjid Nurul Iman menyediakan fasilitas untuk tamu Masjid. Masjid yang terletak di Cipadung, Bandung Jawa Barat ini selain menyediakan fasilitas yang biasa ada di Masjid lainnya, Masjid ini pun menyediakan fasilitas yang berbeda. Masjid ini menyediakan fasilitas tersebut bukan hanya untuk orang yang sering datang ke Masjid saja tapi untuk siapapun yang mengunjungi Masjid ini. 

"Istiqbal adalah penerima, berasal dari kata bahasa arab yang merupakan isim maf'ul. Maksud dari istiqbal ini adalah tempat untuk tamu yang diajak oleh jamaah, warga kampung atau ahlul Masjid. Nah, bisa di tempatkan di istiqbal. Jadi intinya istiqbal itu seperti ruang tamu di rumah" ujar salah satu ahlul Masjid di Masjid Nurul iman. Kamis  (23/09/2018) 

Alasan Masjid Nurul Iman mendirikan istiqbal adalah untuk menjamu tamu Masjid. Selain itu dalam pilar dakwah dijelaskan ada empat pilar yaitu amir atau pemimpin, istiqbal, muta'alim atau orang yang berilmu, dan dalil. Dan istiqbal ini pun bisa digunakan untuk berbincang-bincang santai masalah ilmu agama ataupun ilmu dunia. 

Istiqbal di Masjid Nurul Iman ini memiliki beberapa fasilitas contohnya dispenser berserta airnya, karpet, teko dan gelasnya juga dapur. Fasilitas ini bukan hanya untuk ahlul Masjid tapi bisa juga digunakan oleh orang yang sedang membutuhkan. Jika ada seseorang yang datang ke Masjid atau sedang melewati Masjid dan butuh air minum atau butuh tempat untuk berteduh, maka mereka boleh menggunakan fasilitas di istiqbal.

Istiqbal pun bisa dirawat oleh siapapun bukan hanya oleh marbot Masjid atau DKM saja tapi bisa dirawat oleh yang lainnya. Jika ada ahli Masjid atau masyarakat yang mau merawat istiqbal, itu sangat diperbolehkan. Bahkan jika ada yang ingin suka rela membersihkan istiqbal itu diperbolehkan, walaupun bukan masyarakat atau ahlul Masjid dari Masjid Nurul Iman. 

Reporter : Ayu Khodijah/3A


Perhatian: E-mail ini (termasuk seluruh lampirannya, bila ada) hanya ditujukan kepada penerima yang tercantum di atas. Jika Anda bukan penerima yang dituju, maka Anda tidak diperkenankan untuk memanfaatkan, menyebarkan, mendistribusikan, atau menggandakan e-mail ini beserta seluruh lampirannya, mohon segera memberitahukan Yayasan Asih Putera di alamat email yang tercantum di atas serta menghapus e-mail ini beserta seluruh lampirannya. Semua pendapat yang ada dalam e-mail ini merupakan pendapat pribadi dari pengirim yang bersangkutan dan tidak serta merta mencerminkan pandangan Yayasan Asih Putera, kecuali telah ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project