x
BREAKING NEWS

Senin, 01 Oktober 2018

Masjid Al Ikhlas Tak Lekang oleh Zaman


Dakwahpos.com, Bandung- Dizaman yang serba maju ini jarang kita menemukan masjid yang terdapat ibu-ibu mengadakan kegiatan belajar mengaji bersama-sama. Namun, berbeda lagi dengan Masjid Al Ikhlas yang berlokasi di Kp Cipondoh Girang RT 03 RW 12 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi. Masjid yang berdiri ditengah-tengah pemukiman warga, kurang lebih 2 km dari jalan raya.

Masjid Al Ikhlas aktif dengan kegiatan rutinan setiap minggunya. Baik pengajian ibu-ibu, pengajian anak-anak, yasinan, hadrah dan masih banyak lagi. Pada hari Kamis 27 September 2018 Masjid Al-ikhlas mengadakan kegiatan mengaji (Qira'at) untuk ibu-ibu. Kegiatan ini dilakukan hanya hari Kamis dari jam 10.00 WIB sampai jam 11.30 WIB. Selain Qira'at juga ada Barjanji seperti Marhaba', hari Senin dan hari Rabu ada mengaji Murotal seperti Tajwid dan Makharijul Huruf. 

Bu Ustad Yayan tidak hanya mengajar untuk ibu-ibu saja, tetapi anak-anak juga ada kegiatan seperti ini. Hanya saja cara pembelajarannya yang berbeda, tetapi mereka semua mudah mencerna. Ketika kegiatan mengaji sedang berlangsung Bu Ustad Yayan mencontohkan sekali, lalu dilanjutkan ibu-ibu dan sesekali mengetes satu persatu supaya terlihat mana yang belum dan sudah lancar.

Karena untuk kali ini yang diutamakan yaitu belajar Qira'at, antusias ibu-ibu sangat besar untuk bisa Qira'at. Supaya nanti kalau ada pengajian tidak mengandalkan bu ustad jadi, bisa digantikan oleh ibu-ibu yang lainnya. Kegiatan mengaji kali ini tidak seperti biasanya semua hadir, hanya beberapa yang hadir. 

"kadang sepuluh orang kadang empat kadang hanya tiga, bukan berarti berhenti mengaji tetapi alhamdulillah setelah sempat berhenti kegiatan mengaji ini dari Ramadhan sampai sekarang masih berjalan" ujar Bu Ustad Yayan selaku pengajar mengaji Kamis (27/09/18).

Kegiatan rutinan yang seperti ini termasuk menyita waktu ibu-ibu yang memang mempunyai kesibukan lain. Akan tetapi, rasa ingin tahu dan ingin cepat bisa, mengalahkan semua itu. Apalagi jika ada kegiatan besar seperti Muharraman, Maulid Nabi dan yang lainnya Masjid Al Ikhlas selalu ramai dengan kegiatan yang didalamnya banyak orang berperan dalam kegiatan tersebut. Kekompakan dan kekeluargaannya patut diacungi jempol.

Reporter : Desy Rahmasari KPI/3A


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project