x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Manusia dan Alam Perlu Bekerja Sama

Oleh : Silvia Nurjanah

Air merupakan salah satu yang terpenting dari sekian banyaknya kebutuhan manusia bagi keberlangsungan hidup. Tidak bisa dipungkiri, tanpa adanya air maka akan ada beberapa kesulitan yang kita hadapi. Seperti yang jelas sudah kita ketahui bahwa begitu bergantungnya manusia terhadap air. Kita sendiri mungkin tidak pernah membayangkan bagaimana jadinya jika kehidupan ini dijalani tanpa adanya air.

Banyak kegiatan manusia yang dilakukan menggunakan air, seperti kebutuhan untuk minum, mencuci pakaian, menyiram tanaman, dan banyak hal lainnya. Bahkan tentunya air sangat dibutuhkan untuk tubuh kita, betapa bahayanya jika tubuh kita tanpa air, dehidrasi misalnya. Sungguh fatal jika tubuh kita mengalami dehidrasi. Begitupun dengan alam, jika air mengalami krisis pada musim kemarau, maka bisa dibayangkan kesakitan apa yang akan dirasakan oleh alam.

Ketika memasuki musim kemarau, tentunya kita akan merasa gelisah karna menurunnya ketersediaan air. Terlebih untuk di beberapa daerah atau wilayah yang mudah sekali terkena dampak dari musim kemarau. Peristiwa krisis air pada musim kemarau memang sudah menjadi hal yang biasa dialami, dan tidak jarang pula berdampak buruk, yaitu terjadinya kekeringan. Kita tidak dapat menolak jika hal itu terjadi, namun kita dapat mengatasi hal tersebut dengan berbagai cara.

Sebelum mengatasi, ada tindakan-tindakan kecil yang bisa dilakukan dalam mengantisipasi agar tidak terjadi krisis air pada musim kemarau, diantaranya ialah dengan tidak terlalu berlebihan dalam pemakaian air, pakailah seperlunya, mungkin itu bisa lebih baik dilakukan saat mendekati musim kemarau, agar ketika musim kemarau tiba cadangan air yang dibutuhkan tetap tersedia. Namun hal itu bukan berarti dijadikan alasan untuk kita menghambur-hamburkan air di musim lainnya.

Adapun tindakan yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi fenomena krisis air pada musim kemarau ialah semisal membuat waduk, dengan melakukan pengerukan waduk tersebut lebih dalam maka pasokan air yang ditampung akan lebih banyak. Selain membuat waduk, dapat juga dengan melakukan penghijauan, karna dengan adanya penghijauan tentu nantinya akan bermanfaat untuk sedimentasi sehingga tidak terjadi pendangkalan waduk.

Betapa banyak anugerah yang telah Allah Swt. berikan kepada kita. Dalam hal ini kita dan bumi terus menerus diberi asupan gizi, yaitu berupa air. Asupan berupa air yang alam terima, setiap tetes air hujan yang turun ke  bumi akan selalu menghadirkan manfaat bagi kehidupan manusia. Dari situlah tentunya kita dan alam harus saling bekerja sama, maksudnya ialah dengan kita menjaga alam maka alam pun akan memberikan sesuai dengan apa yang kita beri pada alam, sebab jika kekeringan sudah melanda dan berakibat fatal maka kita sendiri yang akan merasakan dampak buruk dari terjadinya krisis air pada musim kemarau. 


Silvia Nurjanah, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project