x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Kita dan Air

Oleh: Naufal Abdul Mufdili

Air merupakan kebutuhan manusia yang tidak bisa tergantikan. Keperluan yang begitu mendasar bagi kehidupan manusia ini telah mengalami krisis yang sangat mencemaskan. Dampaknya kekeringan dan kebutuhan air bersihlah yang sering banyak kita jumpai di berbagai pelosok negri ini.
Sedikit demi sedikit bumi ini menuju kerusakan yang disebabkan oleh manusia setiap harinya. Pemanasan global dan pesatnya pembangunan ikut melengkapi buruknya kondisi air saat ini.
     
Manusia saat ini seperti kehilangan cara untuk menghadapi permasalahan tersebut. Sehingga berbagai cara pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial ini. Bahkan banyak sekali orang-orang yang menjadikan permasalahan ini sebagai ladang untuk mencari rezeki. Tidak sedikit pula yang kurang peduli dengan permasalahan ini.
       
Bertambah nya populasi manusia pun menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) bagi kita semua dan khusus nya pemerintah dalam menyediakan kebutuhan yang mendasar ini, perlu adanya sosialisasi tentang penting nya menghemat air bersih, memanfatkan ulang  air bersih, membuang sampah pada tempatnya dan Go Green.
     
Masih banyak manusia yang memandang bahwa air adalah sumber daya alam yang tidak terbatas. Sehingga semua manusia bisa memanfaatkan air tanpa memikirkan dampak negatif dari kurang nya memperhatikan penggunaan air.  Tentu itu adalah sebuah perspektif yang harus diluruskan kembali.
      
Negara maju fasilitas menunjang serta hebatnya sistem pemerintah dan tegak nya hukum adalah impian kita semua. Tetapi itu semua tidak ternilai apabila masyarakat ini belum bisa mengelola kebutuhan yang mendasar seperti air bersih.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project