x
BREAKING NEWS

Senin, 01 Oktober 2018

Kebersihan jadikan jama'ah menambah kekhusuan dalam beribadah


Dakwahpos.Bandung. "jika masjid kotor ketika selesai pengajian anak-anak, rasanya saya ingin membersihkannya tanpa harus menunggu staf kebersihan untuk membersihkannya. Karena, jika masjid itu kotor maka akan mengganggu kekhusuan kita ketika menjalankan sholat dan ketika masjid itu bersih, maka akan menambah kekhusuan kita." Ujar bapak Abidin selalu ketua DKM Masjid Nurul Huda.

Menjaga kebersihan masjid merupakan kegiatan kecil, akan tetapi perbuatan itu sungguh mulia yang derajatnya akan membuka pintu surge bagi mereka yang melakukannya. Karena membersihkan masjid sama artinya dengan memuliakan Allah SWT karena masjid itu rumah Allah dan banyak orang-orang yang berdatangan untuk beribadah kepada-Nya mendapatkan rhidho-Nya. Namun banyak yang tak menyadari bahwa ada amalan itu tak kalah istimewanya selain beribadah di dalam masjid. 

Di masjid nurul huda juga selalu mengadakan kegiatan untuk membersihkan masjid. Rutinitas membersihkan masjid di adakan pada hari jum'at setelah selesainya pengajian rutin untuk ibu-ibu dan selesainya jika semua sudut masjid sudah bersih. Para staf kebersihan pun membersihkan mulai dari karpet-karpet masjid yang seringkali banyak debu, lantai-lantai masjid, merapihkan al-qur'an, dan hingga pada tempat whudu pun di bersihkan.

Staf kebersihan yang ada di masjid nurul huda terdiri dari 2 orang saja. Dikarenakan belum terbentuk organisasi untuk bagian membersihkan masjid. Akan tetapi, ada saja masyarakat yang di sekitar masjid itu untuk membantu membersihkan. Harapan ketua DKM ingin ada staf kebersihan dari pada pemuda-pemuda di sekitar masjid itu ataupun di luar sekiar masjid. Dengan lengkapnya peralatan kebersihan ingin para pemuda untuk membantu membersihkan masjid. Walapun hanya beranggotakan 2 orang saja saat membersihkan masjid, tapi tidak mensurutkan niat mereka dalam membersihkannya dan kekurangan anggota itu pula menjadi kendala bagia ketua DKM.

kebersihan dan keasrian masjid jelas mendukung kekhusyukan kaum Muslimin dalam beribadah. Maka, sangat pantas kalau Allah dan Rasul-Nya memberikan pahala yang besar bagi mereka yang membersihkan masjid sebagaimana tersimbul dalam riwayat di atas. Nabi juga bersabda, "Barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari masjid maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga," (HR Ibnu Majah).

Reporter : Fakhrul Khoirullah KPI/3 A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project