x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Jagalah Alam ! Maka Alam Akan Menjagamu

                             Oleh : Nenden Siti Aminah J

Kemarau panjang yang saat ini tengah melanda sebagian besar wilayah Indonesia, tentu saja merugikan berbagai pihak. Dikarenakan air adalah salah satu sumber kehidupan bagi manusia.

Tentu saja banyak kerugian karena krisis air seperti sekarang ini. Seperti kurangnya air minum, lahan pertanian yang mongering dan masih banyak lagi kerugian masyarakat lainnya. Sebenarnya ini sungguh ironi, ketika Indonesia mengalami krisis air bersih. Padahal wilayah Indonesia dikenal dengan kekayaan Sumber Daya Alamnya.
  
Masyarakat lebih menggantungkan diri pada PDAM, yang sekarang ini tidak dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat yang disebabkan oleh krisis air di musim kemarau seperti sekarang ini. Tentu saja ini sangat berbahaya, jika masyarakat hanya bergantung pada PDAM saja sebagai pemasok air.

Untuk mengatasi krisis air pada musim kemarau ini, upaya penyelamatan lingkungan atau sumber-sumber air harus dilakukan secara bekelanjutan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi krisis. Seperti menggalakkan gerakan hemat air, gerakan menanam pohon, pelestarian hutan dan daerah aliran sungai.

Upaya penanggulangan itu harus dilakukan secara berkala, berkelanjutan dan sesegera mungkin. Sumber Daya Alam tidak hanya untuk dimanfaatkan saja, tapi juga untuk dipelihara dan dilestarikan. Ketika kamu menjaga alam, maka alam akan menjagamu.


Nenden Siti Aminah J
Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project