x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Hjh.Ela: Tahsin Qur’an Sebagai Penyempurna Ibadah

Dakwahpos.com, Bandung-  Kegiatan ba'da ashar pada rabu yang bertempatkan di masjid Nurul Iman mengadakan sebuah pengajian gabungan yang dihadiri oleh jamaah masjid Al-Muhajirin. Kegiatan pengajian gabungan yang berisikan jamaah masjid Al-Muhajirin dengan masjid lainnya. Tujuan diadakanya kegiatan gabungan ini selain untuk memperdalam ilmu agama, namun juga dapat mempererat tali silaturahmi antar jamaah. 

Pengajian kali ini bertemakan pentingnya tahsin Qur'an sebagai penyempurna ibadah. Kegiatan yang berisikan pembelajaran mengenai pengucapan lafal Alqur'an yang baik, benar dan tepat. Hjh.Ela memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut  "saya memilih tema ini untuk diberikan kepada jamaah karena targetan utama saya agar jamaah bisa mempelajari Al-Qur'an dengan baik dan benar tidak hanya sebatas membaca saja namun lebih mengetahui benar atau tidaknya dalam pembacaanya. Dan harapan saya semoga jamaah selalu tertarik dengan pengajian-pengajian seperti ini." ujarnya, Rabu (10/10/18).  

Pengajian gabungan ini kegiatannya tidak menentu pelaksanaanya sehingga masih disayangkan banyak juga jamaah yang tidak mengikuti kegiatan ini. Namun jika dilihat dari respons jamaah yang menghadiri kegiatan tersebut mereka seperti begitu antusias mengikutinya. Seperti bagaimana menurut salah satu jamaah, Yani mengutarakan pendapatnya, "saya sangat tertarik dengan diadakannya pengajian gabungan seperti ini, selain menambah wawasan keagamaan terutama dalam pembacaan ayat suci Al-Qur'an dengan baik dan benar, dan menambah tali silaturahmi dengan jamaah lain." ungkapnya 

Kegiatan ini dilakukan oleh jamaah dengan membacakan salah satu ayat Al-Qur'an dengan mempraktikan cara pembacaannya menurut dengan apa yang mereka ketahui, kemudian dilakukannya sistem koreksi oleh jamaah lain. Tidak hanya oleh jamaah saja namun sang pemateri pun ikut dalam melakukan koreksi pembacaan ayat yang dibacakan. Kegiatan seperti ini adalah sebuah cerminan agar lebih baik lagi dan mengetahui titik kesalahan yang tidak dilakukan kembali untuk selanjutnya. 

Penyampaian mengenai bagaimana pentingnya mempelajari Tahsin Al-Qur'an wajib hukumnya. Karena bagi setiap muslim dan muslimah mesti memperhatikan benar atau tidaknya disaat membacakan ayat suci Al-Qur'an. Pembelajaran tersebut akan sangat bermanfaat dan dapat mempengaruhi kualitas ibadahnya. 

Reporter : Meitri Purwanti Putri, KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project