x
BREAKING NEWS

Senin, 01 Oktober 2018

DKM Al- Falah : "solat jum'at juga bisa sebagai tholabnya umat islam"


DakwahPos.com, Bandung -Pengetahuan adalah hal yang paling penting bagi seluruh umat manusia, tak terkecuali umat muslim. Dalam islam, mencari ilmu atau 'tholab' (dalam bahasa pesantren salaf) memang menjadi kewajiban bagi setiap umatnya, dari mulai kanak-kanak bahkan sampai usia tuapun islam memberi tuntutan untuk terus mencari ilmu. Alasan dasar dan sederhana dari kewajiban ini adalah QS : Al-Mujadilah 11, bahwasannya derajat orang yang berilmu itu diangkat harkat derajatnya.
Berbagai cara yang dilakukan untuk mencari ilmu, melalui pendidikan formal, seperti sekolah atau kuliah, ataupun ngaji (mesantren). Namun ada salah satu cara sederhana dalam mencari ilmu ini adalah dengan mendengarkan khutbah jumat, dalam khutbah jumat setiap khotib pastilah menyampaikan khutbah yang berisikan keilmuan dalam islam. "Ya kan kalo jumatan itu bukan sekedar kewajiban saja, ada juga nilai lebihnya, itu kita lebih tau ilmu pengetahuan seputar islam atau yang lainya" ujarnya  (Jumat 28/9/2018).
Namun sedikit sekali umat yang belum sadar akan hal ini. Mereka hanya sekedar menunaikan kewajiban saja tanpa mengambil manfaat lebih dari kewajiban ini. Padahal semua masjid jamie selalu penuh oleh jama'ah dalam pelaksanaan Jumat-an ini.
"Disini suka penuh jamaah sholat Jumatnya, yaa kadang juga ada yang kebabagian di madrasah, disinikan enak pinggir jalan, tambah lagi yang khutbahnya biasanya dari kalangan ustadz-ustadz yang memang sudah matang dalam keilmuannya" tambahnya saat diwawancarai setelah sholat Jumat (Jumat 28/9/2018). Sudah semestinya kegiatan Jumat-an yang menjadi kewajiban mingguan ini dijadikan sebagai media tholab. Karena pada dasarnya segala hal yang kita lakukan itu dengan ilmu pengetahuan.
Mau tidak mau mencari ilmu (tholab) menjadi kewajiban setiap manusia, sehingga manusia khususnya umat islam mempunyai wawasan yang luas dan menjadi muslim yang berilmu dan bertakwa. Salah satu cara yang paling sederhana dari tholab ini adalah menjadikan kegiatan Jumat-an ini sebagai tholab, lebih dari sekedar kewajiban saja. "Ya mudah mudah aja umat islam bisa lebih sadar tentang pentingnya ilmu pengetahuan, sama cara tholabnya. Salah satunya ya tadi menjalankan kewajiban sholat jumat tapi juga mendapat manfaat dari khutbahnya" pungkasnya (Jumat 28/9/2018).
Reporter : Ahmad Muhajir

Bagikan

1 komentar :

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project