x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Dimulai dari Hal Kecil

Oleh: Syahida Hayati Shalahuddin

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber air. Namun kenyataannya, masalah krisis air masih saja melanda di pedesaan dengan kondisi masyarakat yang kurang mengerti bagaimana mengelola sumber daya air. Padahal, setiap tahunnya kebutuhan air selalu meningkat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk. 

Jika bicara tentang solusi, banyak sekali yang bisa kita dapat. Penghijauan, pembuatan waduk, pembuatan sumur resapan, konservasi kawasan, serta budaya hemat air yang masih susah dilepas.

Tetapi, mengapa krisis air masih terjadi? Pencemaran lingkungan adalah salah satu contoh dari penyebanya. Karena pencemaran lingkungan, daerah resapan air menjadi berkurang sehingga yang terjadi adalah banjir. Dan untuk mencegah pencemaran lingkungan, kita bisa melakukan hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya. Cukup bosan jika kita mendengar kalimat itu, namun kenyataannya itu memang problematika yang masih berlanjut hingga saat ini.

Jadi, tidak perlu menunggu pemerintah untuk menanggulangi masalah ini pun, kita bisa mengatasi bahkan mencegahnya dengan mulai melakukan hal-hal kecil, yang sekiranya tidak merusak lingkungan. Karena masalah lingkungan adalah masalah bersama.


Syahida Hayati Shalahuddin, Mahasiswa KPI UIN Bandung 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project