x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Cegah Krisis Air Dari Kemarau Berkepanjangan

Cegah Krisis Air dari kemarau yang berkepanjangan

Kekeringan membawa dampak yang sangat buruk bagi masyarakat. Salah satu dampaknya yaitu, air bersih menjadi langka dan mahal dari beberapa tempat. Dengan melihat hal ini kita sebagai masyarakat yang bijak seharusnya bisa mengatasi atau mencegah agar tidak terjadi kekeringan di berbagai tempat setiap tahunnya. Dan setidaknya kita harus mengatahui bagaimana caranya mengatasi dan menangani untuk melewati kondisi pada saat ini.
Memberikan informasi kepada masyarakat bahwa akan terjadi kekeringan. Dengan adanya informasi itu masyarakat akan bersiap-siap untuk mengehemat air terutama untuk para petani. Sehingga mereka dapat mempertimbangkan kapan akan menanam dan memanen agar tidak terjadi gagal panen. Dan seharusnya pemerinah itu memberikan pompa air agar para petani tidak mengalami kekeringan saat bertani. Pompa air sangat membantu pengadaan air yang dibutuhkan. Nantinya dengan adanya pompa air para petani bisa mengatasi kekeringan air dengan cara memompa air dari sungai atau dari sumber mata air lainnya.

Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat, karena pada umumnya masyarakat yang berada di pedesaan kurang mengetahui bagaimana caranya mengelola sumber daya air yang benar. Dengan adanya penyuluhan ini agar masyarakat bisa mentransfer ilmu itu dan mengoptimalkan lahan yang kering. Dan masyarakat tidak panik dalam mengatasi masalah kekeringan air ini.

Membangun sumur adalah hal yang cukup sulit apalagi bagi masyarakat dengan perekonomian yang rendah. Terlebih dengan daerah yang kekeringan mereka tidak berani atau tidak mudah untuk membangun sumur karena tidak adanya alat yang canggih untuk medeteksi adanya air. Dan masyarakat lebih memilih untuk mencari sumber daya air yang jaraknya sangat jauh dan bahkan mereka minum dan mandi dengan air yang seadanya. 

Namun ada hal yang cepat dan tepat untuk membantu korban yang kekeringa air saat musim kemarau dengan cara mengirimkan donasi untuk membagun sumur agar mereka tidak mengalami hal yang sulit untuk mencari air dan meringankan kesulitan yang mereka alami karena dengan tidak adanya air manusia tidak akan hidup dan manusia tidak akan berkembang.

Silvia Angraeni Latifah
KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Kenanga kebon hui rt02/06 desa margajaya kec. Tanjungsari Kab. Sumedang
08986164849

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project