x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Bersama Menanggulangi Krisis Air Pada Musim Kemarau

Oleh : Muhamad Khalid Imaduddin

Musim kemarau Hingga saat ini merupakan masalah yang biasa dihadapi masyarakat diberbagai daerah di Indonesia setiap tahunnya. Musim kemarau di indonesia berlangsung dari bulan april hingga puncaknya pada agustustus dan september. Beberapa daerah di Indonesia sangat merasakan dampak dari musim kemarau yang melanda daerah mereka.

Krisis air merupakan salah satu dampak serius dari kemarau yang kemudian memberikan pengaruh negatif pada kehidupan masyarakat, seperti berkurangnya pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari – hari, mengeringnya saluran irigasi untuk pertanian sehingga para petani terancam mengalami gagal panen, sumber air yang biasa digunakan masyarakat daerah pedesaan mengering hingga tidak jarang masyarakat disana berjalan jauh hanya untuk, dan masih banyak lagi.

Pada situasi ini baik pemerintah maupun masyarakat dituntut untuk mampu menghadapi krisis air yang terjadi. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan air diantaranta hanya menggunakan air seperlunya ( tidak boros ), tidak mandi terlalu lama yang bisa menghabiskan banyak air,  memperbaiki saluran air yang bocor agar air tidak terbuang sia – sia, serta menampung air pada wadah sesuai dengan kebutuhan air, agar air yang dipakai sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Pemerintah juga dituntut untuk mampu mengirimkan bantuan air bersih ke daerah – daerah yang sumber airnya mengalami kekeringan sehingga mempermudah mereka mendapatkan air bersih, memberikan informasi tentang cara – cara menghemat air serta memberikan solusi serta bantuan agar air saluran irigasi untuk lahan pertanian tetap mengalir.

Disini masyarakat dan pemerintah diharapkan mampu bekerja sama dalam menghadapi krisis air yang sedang terjadi. Agar masyarakat terutama yang sumber airnya mengalami kekeringan tetap bisa menggunakan air bersih untuk keperluan sehari – harinya dan mengaliri lahan pertanian mereka. Masyarakat juga harus menyadari pentingnya air sehingga mampu mengatur penggunaan air baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan pertanian.

Ada baiknya masyarakat melakukan persiapan sebelum musik kemarau seperti mengadakan tempat penampungan air hujan, membuat sumur resapan, dan lain sebagainya sehingga memiliki persediaan air untuk digunakan pada musim kemarau.

Muhamad khalid Imaduddin, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Nama        : Muhamad khalid Imaduddin
Status        : Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 3 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
No hp/WA    : 087873629880
Alamat        : Kp. Setu sela Ds. Pasir Jambu Kec. Sukaraja Kab. Bogor 004/002
E-mail        : muhamadkhalid899@gmail.com   

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project