x
BREAKING NEWS

Jumat, 12 Oktober 2018

Atasi dari Sekarang

Oleh: Septiara Rahmana Ningsih

Global warming telah mempengaruhi 
perubahan zaman yang banter apalagi 
dengan keadaan saat ini. Perubahan 
iklim yang mulai tidak teratur dialami di setiap daerah.  Seperti musim kemarau berkepanjangan yang melanda Indonesia, musim ini biasanya terjadi pada bulan April sampai bulan Oktober. Musim kemarau yang bersifat panas dan kering sehingga membuat cadangan air semakin menipis. 

Air merupakan kebutuhan yang melekat bagi setiap makhluk hidup. Hal ini dikarenakan air berperan dalam metabolisme setiap makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. 

Krisis air di Indonesia menjadi ironi karena sebagai negara yang kaya akan sumber air yang melimpah,  namun pada kenyataannya setiap tahun masyarakat Indonesia menghadapi krisis air. Pencemaran lingkungan dan berkurangnya daerah resapan air menjadi penyebab masalahnya. Padahal setiap tahunnya kebutuhan air bersih meningkat karena sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk. Salah satu contoh yang terjadi yaitu para petani yang terancam jika musim kemarau karena yang mereka takuti adalah gagal panen. 

Berikut ini adalah cara mengatasi krisis air pada musim kemarau;

menampung air hujan ketika musim hujan agar bisa membantu mengairi tanaman sehingga tidak akan kekurangan air.

penghijauan, ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi krisis air dan lebih banyak dilakukan di daerah hulu agar mudah menyerap air hujan. 

Germas (gerakan masyarakat)  penyuluhan, salah satu cara paling baik untuk semua lapisan masyarakat dalam masalah kekeringan yang melanda di negeri ini dengan kondisi masyarakat yang kurang mengerti tentang pengetahuan mengelola sumber daya air, dengan adanya penyuluhan masyarakat akan mentransfer ilmu bagaimana mengintensifkan lahan kering.

Langkah-langkah tersebut harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat secara berkelanjutan dan terus menerus. Dan yang paling penting harus dilakukan secepat mungkin agar krisis air tidak menjadi persoalan yang menghantui masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Bila masalah krisis air telah teratasi maka dapat dipastikan negeri tercinta kita ini akan menjadi negeri yang sejahtera, makmur dan subur. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project