x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Ustadz Riswandi: Beginilah etika pergaulan atau adab dalam bermasyarakat

Dakwahpos.com,Bandung- DKM Masjid Al-Muhajirin mengadakan kegiatan pengajian rutinan bapak-bapak setelah shalat maghrib. Masyarakat sekitar antusias mengikuti kegiatan yang diisi oleh Ustadz Riswandi. Pengajian malam itu membahas Tafsir Surah Al-Hujurat ayat 10-12

"Inti dari ayat ini ialah mengenai Etika pergaulan atau adab dalam bermasyarakat. Setiap orang yang beriman itu bersaudara. Antara muslim dengan muslim lainnya adalah bersaudara dan satu dengan yang lain saling menguatkan", Tutur Ustadz Riswandi dalam penjelasannya, Minggu (16/09/18).

Dalam etika pergaulan dalam bermasyarakat mesti terjadi hubungan persaudaraan yang harmonis serta kekeluargaan yang baik, itulah yang dinamakan ukhuwah islamiyah. Tetapi ada juga yang namanya ukhuwah insaniah yakni hubungan antara umat manusia, baik itu muslim ataupun non muslim. Kita harus menjaga kerukunan umat beragama agar tidak terjadi perselisihan dan pertentangan diantara sesama agar terjalin hubungan persaudaraan yang harmonis.

Apabila ada dua orang yang berselisih, kewajiban kita untuk mendamaikan. Jangan dibiarkan apalagi dikompori. Ketika mendamaikan tidak boleh berpihak pada satu orang dan tidak boleh menjatuhkan pihak yang lainnya.

"Apa yang menimpa orang lain menimpa kita juga, apa yang dirasakan orang lain kita merasakannya juga. Kita mesti senang ketika orang lain senang dan turut sedih ketika orang lain susah, lebih bagus lagi kita berikan dorongan agar tidak sedih lagi. Jangan sebaliknya". Tutup Ustadz Riswandi untuk mengakhiri pengajian malam itu, Minggu (16/09/18)

Reporter: Lutfi Dzaki Pratama, KPI 3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project