x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Sholat Berjama'ah Bukti Ukhuwah Islamiyyah



Setiap muslim yang mukallaf tentunya sudah mendapat kewajiban yang diembankan oleh syariat agama kepadanya yaitu berupa kewajiban menjalakan segaala perintah Allah Ta'ala. Pun dengan muslim yang belum menginjak mukallaf, mereka mendapat tuntunan dari kedua orang tuanya ataupun guru dipengajian bahkan disekolah untuk dilatih menjadi seorang muslim yang baik. Sehingga dalam pertumbuhan kehidupannya mereka tetap dalam jalan yang benar.

Syariat atau kewajiban itu salah satunya adalah Sholat lima waktu dalam sehari. Sholat  merupakan kewajiban sekaligus ibadah yang menjadi pondasi umat islam. "dalam sholat ada banyak pahala atau ganjaran bagi mereka yang senantiasa melaksanakannya, apalagi bagi mereka yang senantiasa sholat tepat waktu dan berjamaah dimasjid", ujar ust. Idid selepas meng-imami sholat. (rabu,19/9/2018). 

Jika kita tela'ah secara seksama, sholat ini memang kewajiban yang menjadi pembeda antara umat islam dengan non islam. ini sesuai dengan hadits yang disabdakan oleh Rosululloh S.A.W yang artinya "yang membedakan antara seorang kafir dan mu,min adalah sholat" ,  dengan itu tentulah perintah sholat ini menjadi kewajiban muslim untuk beribadah mahdzoh (ibadah yang langsung kepada Allah Ta'ala). Sholat lima waktu dalam sehari sebagai perintah yang wajib 'ain yaitu kewajiban yang tidak dapat diwakilkan oleh orang lain, sehingga siapaun muslim yang sudah mukallaf mesti melaksanakannya sebagai bentuk pengabdian kepada Allah S.W.T.

Disisi lain program pemeritnah kota bandung sendiri salah satunya adalah melaksanakan "subuh berjam'ah"  . Program ini menjadi program unggulan yang dapat memberikan nilai positif kepada seluruh umat muslim khususnya di wilayah kota Bandung. "iya, apalagi dengan adanya program pemerintah itu , ya.. masyarakat anak-anak sampai yang dewasa lebih antusias dalam melaksanakan sholat berjama'ah disini" (tambahnya ketika diwawancarai mengenai program pemerintah 19/9/2018).

Dalam penjelasan lebih lanjutnya ust. Idid menegaskan bahwa sholat berjama'ah ini sebagai bukti ukhuwah islamiyyah. "sekarangkan umat islam itu ada banyak golongan, tapi tetap kalo mereka bisa sholat berjama'ah ya pasti tetap solid bisa terjaga kerukunan dan ukhuwah islamiyyahnya". Memang fakta yang menjawab bahwa ukhuwah islamiyyah ini juga dapat terlihat dari umat islam yang senantiasa melaksanakan sholat berjamaah. Atas perintah Allah pula ukhuwah islamiyyah harus dijaga seagaimana firman Allah Ta'ala QS: Ali Imron ayat 103 yang artinya : dan berpegang teguhlah  kamu sekalian kepada tali (agama) Allah dengan berjama'ah dan janganlah kamu bercerai berai". Semoga kita semua senantiasa menjadi umat  muslim yang bisa menjalakan segala perintah-Nya. Amiin .

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project