x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Opini "Integritas Pengawasan Kembang Api"


Integritas Pengawasan Perusahan Kembang Api

Kejadian ledakan dipabrik PT Panca Buana Cahaya dikosambi , Kabupaten Tanggerang, Banten memang sekarang banyak berbagai sorotan karena menewaskan puluhan orang tewas. Tewasnya puluhan orang tersebut sangat mengkhawatirkan akibat ledakan kembang api dikosambi.

Ledakan yang terjadi dikosambi menewaskan 47 orang menurut kepala bidang pelayanan dokpol rs polri kombes pol sumirat. Terjadinya ledakan itu diakibatkan kelalaian pegawai pabrik karena tidak ada pengawasan dilingkungan pabrik. Yang semestinya setiap perusahan harus adakan pengawasan kerja pegawai dan dilihat integritas seorang pegawai agar tetap propesional.

Menurut saya, peristiwa tewasnya 47 orang oleh ledakan memang sangat memperihatinkan terutama bagi keluarga korban. Sehingga perusahan harus bertanggung jawab akibat ledakan kembang api agar keluarga korban tidak merasa kehilangan. Dan menjamin semua kebutuhan keluarga misalkan asuransi tenaga kerja dan beasiswa pendidikan bagi anaknya untuk keberlangsungan hidup kedepannya keluarga korban.

Pengawasan tempat kerja itu juga harus diperhatikan kualitasnya seperti listrik sampai mesin- mesin pabrik yang harus diperhatikan dan dikontrol setiap jamnya agar pegawai merasa aman, nyaman  dalam melakukan setiap pekerjaannya. Keamanan dan kenyaman memang hak sebagai pegawai untuk mendapatkanya.

Dan ledakan ini menjadi contoh bagi pegawai lain agar disetiap pekerjaan harus dikerjakan dengan sangat teliti dan propesional agar pengawasan tenaga kerja tetap aman. Dan ini pihak perusahan harus memilih pegawai secara selektif untuk mendapat pegawai yang kompeten dibidangnya.

Selain itu, masyarakat disekitar pabrik juga harus tau bagaimana dampak adanya pambrik tersebut. Agar perizinan pendirian produksi pabrik memang betul-betul tidak menggangu masyarakat sekitar juga. Dan perusahan dan masyarakat sekitar tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya agar tidak saling merugikan satu sama lain.

Disisi lain juga pemerintah juga harus bertindak secara tegas dalam melakukan perizinan produksi perusahan tersebut. Dan melakukan pengawasan yang ketat terhadap izin perusahan agar semua pihak tidak merasa dirugikan.

Nama : hendi supriatna
Mahasiswa kpi uin bandung
PMII bandung
Uptq uin bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project