x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Metode Kreatif Tingkatkan Semangat Baca Qur'an Anak

Dakwahpos.com, Bandung-Guru mengaji Masjid Al-Ikhlash menerapkan sistem unik dalam menanamkan keagamaan pada anak. Sistem ini diberlakukan agar anak-anak tidak merasa bosan dan agar lebih cepat menangkap pelajaran yang diberikan. Dalam sistem ini diberlakukan dua metode, yaitu cara classical dan privat.
"Karena kadang anak-anak suka rewel, jadi kita pakai metode yang sekiranya bisa membuat nyaman ke anak-anak. Jadi kalau hafalan kita pakai metode klasikal, nanti anak-anak kita ajak menyanyi agar anak-anak mudah menangkapnya. Sedangkan privat kita pakai untuk ngaji biasa jadi lebih intens sifatnya." Ujar Siti Maesaroh, Selasa (18/09/2018)
Psikologis anak adalah faktor utama mengapa kemudian diberlakukannya kedua sistem tersebut. Gunanya untuk memberikan kenyamanan bahwa belajar mengaji tidaklah membosankan. Pasalnya, pendidikan agama menjadi pondasi dasar dalam hidup.
"anak-anak kan suka rewel, main, lari-lari, dan berantem sama teman-temannya, dan kami mah mewajari saja. Tapi kan kalau begitu caranya, nanti anak-anak gak paham soal pembelajaran keagamaannya. Makanya kami memberlakukan sistem-sistem baru itu supaya anak-anak lebih cepat paham." Tambah Siti Maesroh.
Beliau menambahkan bahwasannya tetap ada kesulitan dalam penerapan sistem ini. Namun hal itu tidak mematahkan semangat beliau untuk tetap mengajar anak-anak itu. Karena bagi beliau pembekalan menuju akherat jauh lebih penting diatas segalanya, terutama apabila diterapkan sejak dini.
Reporter: Erika, KPI/3A.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project