x
BREAKING NEWS

Kamis, 20 September 2018

Kekerasan Mengganggu Kenyamanan

Fitria Nazilatullail

Bentuk kekerasan apapun di dalam dunia pendidikan menjadi ancaman tersendiri bagi kenyamanan dalam proses pembelajaran. Baik kekerasan yang dilakukan oleh siswa, guru maupun petugas sekolah. Melihat dari kekerasan yang semakin meluas dimana mana, membuat kasus tersebut kadang sulit untuk terdeteksi dan terungkap. Kebanyakan dari para pelaku kekerasan tidak mengetahui batasan apa yang dimaksud dengan kekerasan sehingga mereka tidak menyadari tindakan  kekerasanlah yang telah mereka lakukan. 

Lebih menakutkan lagi di saat para pelaku menutupi kejahatan yang dilakukan dengan mengancam beberapa pihak, pelaku tidak segan-segan untuk melakukan kekerasan fisik kepada korban maupun saksi yang melihat, agar perbuatan mereka tidak tercium oleh pihak luar. Terkadang pelaku melakukan kekerasan terhadap siswa disekolah dengan dalih mendisiplinkan siswa. 

Hal ini tentunya memberikan  dampak negatif bagi para siswa di sekolah. Proses pembelajaran pun tidak akan berjalan dengan efektif dan akan mengganggu kenyamanan semua pihak. Oleh karena itu, guru sangat dituntut untuk memberikan contoh yang baik kepada para siswa sekaligus menanamkan pendidikan karakter kepada mereka.

Dalam hal ini, Peran orang tua juga diperlukan untuk selalu membimbing dan mengawasi anaknya untuk menjauhi hal-hal kecil yang bersifat negatif. Agar anak tidak terbiasa melakukan dan mencontoh tindakan-tindakan negatif seperti kekerasan yang sekarang sering terjadi.

Identitas
Status : Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Alamat : Jl. Raya Cikopo Kp. Krajan RT. 006/003 Ds. Cikopo Kec. Bungursari Kab. Purwakarta- Jawa Barat.
No. Hp : 083816472128

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project