x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Kegiatan P3B Ramaikan Masjid Al-Huda

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Al-Huda (jl. Permai II-Cipadung) mengadakan kegiatan P3B yaitu kegiatan Pelatihan 3 Bahasa terdiri dari Pelatihan Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Selain P3B ada kegiatan Tahsin dan Tahfidz. Kegiatan P3B ini dimulai sejak tahun 2016. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk gotong royong dan kerjasama antara DKM Al-Huda, Majelis Ta'lim, serta Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

"Kita seharusnya mendobrak pemikiran masyarakat bahwa masjid hanya tempat untuk ibadah shalat, padahal kita kembali ke zaman Rasulullah semua aktivitas bersumber dan bertitik awal dari Masjid dan bahkan kalo bisa masjid itu ramai selama 24 jam dan sepi pada saat waktu waktu shalat, karena pada saat itu kita semua shalat" Ujar bu Hj.Ela, selaku pengurus kegiatan P3B Ahad(16/09/2018).

Selain bentuk kerjasama, masjid Al-Huda dipilih untuk memulai kegiatan P3B adalah adanya fasilitas yang memadai, tempat yang strategis, serta mudah dijangkau. Selain itu kegiatan ini sebagai kegiatan untuk meramaikan masjid, untuk menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan, pembelajaran dan pelatihan. Dan inilah dasar awal dibentuknya kegiatan P3B.

Kegiatan P3B dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 16.00 – 18.00 WIB dan hari Ahad pukul 10.00 – 14.00 WIB. Kegiatan hari Sabtu yaitu Pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, sedangkan hari Ahad yaitu Pelatihan Bahasa Arab dan Tahsin-Tahfidz. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kelas Masjid Al-Huda lantai 1.

Kegiatan P3B sendiri bekerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati dan Universitas Padjadjaran sehingga Mahasiswanya ikut berkontribusi sebagai staf pengajar. Pengajar Pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab oleh mahasiswi dari UIN Sunan Gunung Djati, untuk Pelatihan Bahasa Jepang tenaga pengajar dari mahasiswi Universitas Padjadjaran, sedangkan untuk materi Tahsin dan Tahfidz tenaga pegajar seorang Qari dari Pondok Pesantren Al-Falah Nagreg.

Kegiatan P3B tahun 2018 diikuti oleh anak anak tingkat SD dan SMP. Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pada tahun 2018 jumlah anak yang mengikuti kegiatan P3B ada 15-20 orang. 

Respon anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini sangatlah antusias dan bersemangat. Respon orang tua terhadap kegiatan inipun cukup baik ditandai dengan diikut sertakan anak anaknya dalam kegiatan. Respon masyarakat masjid Al-Huda pun baik bahkan banyak yang merasa terbantu dalam segi ekonomi lalu hati yang merasa senang karena masjid ramai dan senang melihat anak anak yang berkumpul untuk belajar.

Harapan dari bu Hj Ela selaku pengurus kegiatan P3B bagi lapisan masyarakat Perguruan Tinggi atau Mahasiswa/I dapat lebih banyak berkontribusi dalam kegiatan P3B ini dan untuk meramaikan kembali masjid al-Huda seperti pada zaman Rasulullah. 

"Jika kamu ingin maju, ingin membuat kehidupan yang lebih gemirlang di masa depan maka jadilah pembelajar yang sungguh sungguh" Tutur bu Hj Ela, dalam penutupan wawancara Ahad(16/09/2018)

Reporter : Annisa Nurbaiti
  KPI/3A




Bagikan

7 komentar :

  1. Judulnya kurang dipahami karena P3B disini tidak semua orang paham karena bahasanya yang asing bagi orang awam termasuk saya sendiri, sedangkan dari segi penulisannya sudah bagus, mungkin harus lebih mengembangkan kata-kata untuk judulnya supaya lebih menarik lagi bagi para pembacanya. Semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kritik dan sarannya astrii :) , semangat juga astrii :)

      Hapus
  2. Singkatana P3B pada judul berita seharusnya tidak disingkat, karena itu bukan singkatan yang diketahui semua pembaca. Lead terlalu panjang, lebih baik kalah penjabaran di kalimat terakhir dipindahkan ke paragraf selanjutnya sebagai penjelas. Juga penulisan keterangan tempatnya seharusnya tidak di dalam kurung, tetapi bisa di akhir kalimat pertama lead berita.

    Masih ada diksi kata yang kurang tepat misalnya pada paragraf 3, "Selain bentuk kerjasama, masjid Al-Huda dipilih untuk memulai kegiatan P3B adalah adanya fasilitas yang memadai..." mungkin lebih tepatnya "Pemilihan Masjid al-Huda sebagai mitra kerjasama dikarenakan adanya fasilitas... "

    Saran : Banyak berlatih, semangat nurbet!

    Abdul Azis Said

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih kritik nya ajis, saya jadi tahu kesalahan saya dan menambah pengetahuan juga...
      serta terimakasih pula sarannya..
      semangattt jugaa ajiss :)

      Hapus
  3. Judul kurang dipahami, karena singkatan P3B terdengar asing oleh pembaca. Sebaiknya singkatan P3B di jabarkan agar para pembaca mengerti dengan judul berita dan berita menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak kritikannya Aufia, jadi tahu kesalahan dan terimakasih sarannya untuk memperbaiki berita selanjutnya..
      :)

      Hapus
  4. Sebenernya pengen komen masalah judul, tapi karena kesalaham judul udah banyak dikoreksi, saya mau coba kritik di kesalahn lainnya. Saya baca di beberapa kalimat masih menggunakan kata bu, pak setahubsaya untuk penulisan berita gelar dannpanggilan ibu atau bapak tidak boleh. Yang lainnya sudah bagus terimakasih... 💗

    BalasHapus

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project