x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Kedisiplinan terhadap hal kecil yang akan berbuah kesuksesan

Dakwahpos.com, Bandung – Untuk menjadi seseorang yang disiplin dan tanggung jawab mulai dari hal-hal yang terkecil, kenapa? Karena itulah salah satu cara untuk menunjang kedisiplinan seseorang untuk menunjukan kepada dunia bahwa seseorang muslim yang di cintai oleh Allah ta'ala adalah seorang muslim yang disiplin, tanggung jawab, tangguh. Senin (17/9/2018). 


Mesjid yang didirikan di perumahan bumi panyawangan real estate pada 13 Mei 2016 yang dihadiri langsung oleh gubernur Jawa Barat saat itu (Ahmad Heryawan) merupakan masjid kedua yang ada diperumahan tersebut. Dengan ketua DKM nya saat ini Ust. Muhammad Maulana Darsono Lc. Yang sedang mengeyam pendidikan S2 nya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 


Di mesjid Abu Bakar Ashiddiq bumi panyawangan real estate ini terlihat bahwa jamaahnya ketika hendak masuk kedalam mesjid selalu menyempatkan merapihkan sendalnya dengan rapih menghadap keluar, itu merupakan suatu kedisiplinan yang diterapkan kepada setiap jamaah meski dari hal-hal terkecil mereka lakukan dan membiasakan belajar disiplin mulai dari hal kecil.
Mungkin biasanya jika ada jamaah dari luar melihat sendal tersebut tertata rapih akan merasa heran, karena tidak terbiasanya bersikap disiplin dari mulai yang terkecil.


Sebenarnya perbuatan tersebut memang langka terjadi khususnya di mesjid-mesjid, karena kurangnya pemahaman terhadap kedisiplinan dan mengacuhkan kepada hal-hal kecil, padahal itu lah wajah Islam sesungguhnya selalu bersikap disiplin, jujur, adil dan tangguh. Terlebih dari itu jamaah mesjid Abu Bakar Ashiddiq bumi panyawangan real estate perlu diapresiasi dan dicontoh untuk berlaku disiplin dikehidupan sehari-hari khusunya mulai dari diri sendiri.Kedisiplinan adalah kunci kesuksesan, mereka menerapkannya mulai dari hal-hal terkecil sekalipun yang mana hal kecil lah yang akan menunjang kesuksesan di kemudian hari kelak. Seperti dalam firman Allah ta'ala :


وَأَنَّا لَمَّا سَمِعْنَا ٱلْهُدَىٰٓ ءَامَنَّا بِهِۦ ۖ فَمَن يُؤْمِنۢ بِرَبِّهِۦ فَلَا يَخَافُ بَخْسًا وَلَا رَهَقًا
Artinya: "Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al Quran), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan."(Q.S. Al Jinn : 13)
Dalam surah tersebut Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk bersikap disiplin agar kehidupannya lebih teratur. Maka dari itu Allah ta'ala menyukai orang-orang yang disiplin terhadap waktu, pekerjaan, ibadah dan lain-lain karena tidak mungkin Allah memberikan sesuatu yang hamba-Nya inginkan kepada orang yang tidak disiplin, oleh karea itu bersikap disiplin itu penting.
Selain itu, "disetiap hari jum'at mengadakan makan bersama-sama dengan jamaah selepas shalat berakhir baik dari mana pun kita makan bersama" kata Bahmid, senin (17/09/2018). Begitu nikmat rasanya menjalin kedekatan ummat dengan cara ini, pihak mesjid pun akan merasa senang sekali atas partisipasi jamaahnya ketika jamuan makan dimulai.


Reporter : Afrizal Fauzan Muttaqin KPI/3A

Bagikan

3 komentar :

  1. Seharusnya judul itu tidak huruf kecil semua, bisa lihat contohnya di media-media lain.

    BalasHapus
  2. Zal, prgrf 1 itu harusnya lead berita. Punya antum kayaknya isi berita.

    BalasHapus
  3. judul nya seperti opini

    BalasHapus

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project