x
BREAKING NEWS

Jumat, 21 September 2018

Jamaah Membludak, DKM Al-Hikmah Lakukan Pelebaran

Dakwahpos.com, Bandung- Dengan terus meningkatnya jumlah jamaah Masjid Al-Hikmah yang beralamatkan di Komplek Permata Biru, Cinunuk, kini sedang dilakukan sejumlah pelebaran area Mesjid. Terlihat dari banyaknya jamaah yang memadati Masjid sampai teras pada sholat berjamaah lima waktu. Bahkan disaat kegiatan tertentu, banyaknya jamaah membludak hingga bahu jalan. Dengan kondisi itu, pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan masyarakat setempat sepakat untuk melakukan pelebaran. Selasa (18/09/2018)

Anggota DKM Al-Hikmah, Asep Nurjaman, mengatakan bahwa jamaah pada waktu sholat dzuhur atau ashar masih terbilang normal. Akan tetapi pada sholat tertentu seperti jamaah sholat jum'at dan waktu berjamaah subuh di hari Minggu bisa mencapai 100 sampai 150 jamaah. Terlebih jika ada kegiatan seperti kajian, pengajian, dan acara Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), jamaah dapat membludak sebanyak 300 jamaah hingga keluar area Masjid. 

Hebatnya dalam pelebaran area masjid ini, pihak DKM Al-Hikmah memilih orang yang profesional dalam ahlinya. Mereka mempercayakan seluruh tema, dan desain masjid kepada Arsitek yang juga membangun pesantren Daarut Tauhid, milik seorang ustadz terkenal yaitu Aa Gym. Tentunya, hal tersebut merupakan bentuk totalitas DKM Al-Hikmah agar pelebaran area mesjid bisa mencapai hasil yang maksimal. 

Area mesjid yang dilakukan pelebaran yaitu pada sayap kiri serta sayap kanan dari lantai satu hingga lantai dua. Proses ini sudah berlangsung selama tiga bulan yang dimulai pada bulan Juli lalu. Sesuai dengan target yang tercantum di RAB, pelebaran area masjid Al-Hikmah akan berlangsung selambat lambatnya 1,5 tahun sampai 2 tahun dan diperkirakan memakan dana sebanyak 1,4 Milyar.

Adapun dana yang digunakan untuk pelebaran mesjid ini paling dominan berasal dari masyarakat setempat karena pihak DKM tidak memfokuskan pada pengajuan proposal melainkan dengan menggunakan kencleng yang ditaruh pada setiap rumah di Komplek Permata Biru. Uang dari hasil kencleng tersebut akan diambil setiap sebulan sekali oleh para remaja masjid Al-Hikmah."Proposal sebagian ada, tapi porsinya sedikit karena kita tidak mengajukan ke berbagai instansi terkecuali ada jamaah yang punya link dan minta proposal, pihak DKM akan kasih" ungkap Asep.
Pihak DKM mempunyai harapan untuk memberikan fasilitas terbaik kepada jamaah. Terutama masjid merupakan sarana beribadah kepada Allah SWT yang harus selalu dijaga kebersihan, keindahan serta kenyamanannya. Adapun harapan setelah pelebaran masjid Al-Hikmah selesai, Asep berharap jamaah yang banyak bisa tertampung dengan baik juga memberikan efek nyaman kepada setiap jamaah yang datang di masjid Al-Hikmah.

Reporter : Mely Amalia Yasmin, KPI/3B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project